Nasional

Tiba di Indonesia, 14 ABK Jalani Pemeriksaan Kesehatan COVID-19

Tiba di Indonesia, 14 ABK Jalani Pemeriksaan Kesehatan COVID-19
51 / 100

JARINGAN INDONESIA – 14 orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal Long Xin 629 telah dipulangkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul. Belasan ABK itupun telah tiba di Indonesia tepatnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 8 Mei 2020.

14 ABK itu diterbangkan melalui Bandara Incheon Seoul, Korea Selatan, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 0879 menuju Bandara Soetta.

Untuk menjaga 14 ABK tetap sehat dan tidak membawa virus corona atau COVID-19. Belasan ABK itu langsung menjalani prosedur kesehatan penanganan pencegahan penyebaran COVID-19 di Terminal 3, Bandara Soetta.

“Mereka langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan bersama KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan Kementerian Luar Negeri, dan Bareskrim,” kata Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Zulficar Mochtar seperti yang dikutip dari VIVAnews di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Meski saat ini belasan ABK sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka akan kembali melanjutkan pemeriksaan kesehatan di safe house. Belasan ABK ini juga akan dilakukan pengecekan hak-haknya dan masalah yang lainnya yang belum terpenuhi.

“Kita pun akan melakukan pengecekan hak-hak dan masalah lainnya yang belum dipenuhi,” ujarnya.

Sebelumnya, diketahui jika pemerintah Indonesia langsung memberikan perhatian serius atas kabar 4 WNI ABK yang berada di kapal Long Xing 629 meninggal dunia bahkan 3 diantaranya harus dilangsungkan pemakaman di laut.

Kabar itu pertama kali disampaikan oleh sebuah stasiun televisi Korea Selatan yang menayangkan video yang menunjukkan sejumlah orang tengah membuang jenazah anak buah kapal asal Indonesia dari kapal China. Disebutkan bahwa para ABK itu meminta tolong kepada otoritas Korea saat berlabuh di Busan. [viva.co.id]

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *