Nasional Ekonomi Bisnis

Teten Masduki: Pandemik Covid-19 Mengubah Konsumsi Masyarakat Menjadi Online

Teten Masduki: Pandemik Covid-19 Mengubah Konsumsi Masyarakat Menjadi Online
57 / 100

JARINGAN INDONESIA – Ada perubahan pola konsumsi yang dialami masyarakat Indonesia di tengah pandemik virus corona baru (Covid-19), dari pasar kegiatan offline menjadi online.

“Bahkan diprediksi bahwa stay at home ekonomi akan menjadi tren di masa yang akan datang,” ujar Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/4).

Dijelaskan, salah satu sektor yang paling terdampak dalam perubahan sosial ekonomi saat ini yakni sektor mikro dan ultra mikro yang mayoritas dari UMKM e-commerce atau penjualan secara daring.

“Ini sebuah solusi bagi UMKM yang masih bisa menjalankan usahanya untuk tetap dapat memasarkan produknya sesuai dengan protokol pencegahan virus corona,” paparnya.

Teten mengatakan, dalam sebuah riset IPPOM MUI menunjukkan UMKM yang berpotensi melejit adalah sektor pangan yang memproduksi produk herbal natural. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Selain itu juga UMKM yang menyediakan makanan praktis, mudah diolah dan dapat disimpan lama seperti frozen food, rendang bumbu-bumbuan, dan lain-lain. Permintaan terhadap produk yang siap olah sekarang banyak diproduksi UMKM makanan kaleng yang tinggal dipanaskan,” bebernya.

Sejalan dengan ini, Kementerian Koperasi dan UMKM pun sempat menginisiasi program pembuatan APD dengan mendorong UMKM. Banyak UMKM yang menjual berbagai APD dari masker kain hingga baju hazmat yang diproduksi dan dijual daring.

“Kami juga mendorong masyarakat untuk belanja di warung sekitar melalui gerakan belanja di warung tetangga untuk mengatasi physical atau social distance dengan tetap memproduksi produk koperasi dan UMKM,” tandasnya. [rmol.id]

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *