Nasional

Survei LSI: 69,8 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

0
Survei LSI: 69,8 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi-Jaringan Indonesia
Survei LSI: 69,8 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi-Jaringan Indonesia

JARINGAN INDONESIA – Survei LSI: 69,8 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia atas kinerja Presiden Jokowi sejauh ini masih cukup tinggi, yakni sekitar 69,8 persen.

Hasil ini diperoleh berdasarkan survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI). Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka sejak 25-31 Januari 2021 dengan responden sebanyak 1.200 orang.

Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi survei seluruh warga Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat disurvei.

Rilis nasional pada Senin, (2/2/21) tersebut mengambil topik Evaluasi Publik terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024.

Narasumber menghadirkan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, anggota Fraksi PKS DPR RI Mardani Ali Sera, anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Supratman Andi Agtas dan anggota Fraksi PDIP DPR RI Djarot Saiful Hidayat.

Djayadi Hanan dalam pemaparan kesimpulan hasil survei, menyebutkan mayoritas atau 68,9 persen warga merasa puas dengan kinerja Joko Widodo sebagai presiden saat ini.

Sementara kinerja Ma’ruf Amin sebagai wapres saat ini, meski banyak yang merasa puas (56,1 persen), cukup banyak pula yang merasa tidak puas (40,9 persen) dengan kinerjanya.

Warga juga mengaku puas dengan kinerja kabinet atau para menteri Jokowi.

Paling memuaskan adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sedangkan kepuasan paling rendah kinerjanya adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sedangkan kepercayaan terhadap lembaga-lembaga, DPR dan parpol adalah paling rendah dibanding lembaga lainnya.

Lembaga paling tinggi tingkat kepercayaannya adalah TNI, menyusul gubernur, bupati/wali kota, presiden, pemerintah pusat, KPK, polri, kejaksaan, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten kota.

Kemudian, untuk pilihan partai politik, warga lebih banyak menyebut PDIP, yakni sebesar 20,1 persen.

Berikutnya, Gerindra 11 persen, Golkar 8,3 persen, PKS 6,8 persen, PKB 6,7 persen, Demokrat 4 persen, dan partai lainnya di bawah persen dan ada yang belum menjawab sebesar 34,2 persen.

Jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka Joko Widodo yang paling banyak disebut, yakni 18 persen.

Menyusul Prabowo Subianto 12 persen, Anies Baswedan 5,7 persen, Ganjar Pranowo 3, 5 persen, Sandiaga Uno 2,6 persen, Ahok 2,5 persen, Tri Rismaharini 2,3 persen, AHY 1,4 persen, dan Ridwan Kamil 1,1 persen

Ryand Saputra

KPU Lutim Tetapkan Paslon 1 Husler-Budiman Pemenang Pilkada 2020

Previous article

17 Kabupaten/Kota Siaga Bencana, Nurdin Abdullah Imbau Pemerintah Lakukan Antisipasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional