Pasien nomor 3 corona yang telah sembuh, Ratri Anindya/foto instagram

Sembuh dari Covid-19, Pasien 03 Ratri Anindya Sumbangkan Plasma Darahnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh dipercaya dapat digunakan untuk membatu pasien Covid-19 yang masih berjuang.

JARINGAN INDONESIA – Setelah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu, Ratri Anindya, pasien nomor kode 03 positif Covid-19 belum lama ini mendonorkan plasma darahnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Hal tersebut diunggah dalam akun Instagram miliknya @ratrianindya pada Sabtu (18/4/2020). Menurut Ratri, plasma darah pasien yang sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang berjuang untuk sembuh dari Covid-19.

“Ternyata memang sesuai penelitian ttg Covid-19 per hari ini, plasma darah orang yg sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yg sedang terpapar,” jelasnya dalam keterangan foto.

Ia juga menjelaskan jika proses pendonoran plasma darahnya berjalan lancar. Total, proses pengambilan plasma darah mencapai 200 cc yang dilakukan hampir satu jam dengan alat khusus yang menyaring plasma darah dari darah merahnya.

Tak lupa, Ratri yang datang bersama ibu dan kakaknya, yang juga survivor Covid-19, mengajak para pasien sembuh lainnya untuk bisa ikut menyumbangkan plasma darah mereka.

“Jadi untuk teman-teman yg sudah sembuh atau akan sembuh, dan jika sudah benar-benar pulih dan berkenan utk menyumbangkan plasma darahnya, kalian juga bisa!,” jelasnya.

Hingga saat ini, unggahan foto Ratri telah disukai oleh lebih dari 1.900 orang dan dikomentari ratusan komentar dari warganet. Unggahan Ratri tersebut pun direspon positif oleh banyak pengikutnya.

Salah satunya, ada yang bertanya menganai cara menjadi pendonor seperti Ratri.

“Gua mau juga jadi pendonor, gimana caranya mbak?? Mohon ijin untuk DM ya,” komentar @burungtweety. [suara.com]

View this post on Instagram

Yaaayy I did it πŸ™†πŸ»β€β™€οΈ β €β € Proses pengambilan plasma darahku berhasil dengan lancar dan ternyata gak sebegitu menyeramkannya loh, hehehe. I know, aku katro banget karena penakut banget sampai Ibu harus pegangin tangan sebelah kiri supaya aku tenang dan santai πŸ˜³πŸ˜… β €β € Total proses pengambilan 200 cc plasma darah (yg warna putih) berjalan selama hampir 1 jam. Dengan alat khusus yg menyaring plasma darah dari darah merahku. Ternyata memang sesuai penelitian ttg Covid-19 per hari ini, plasma darah orang yg sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yg sedang terpapar. β €β € Jadi untuk teman-teman yg sudah sembuh atau akan sembuh, dan jika sudah benar-benar pulih dan berkenan utk menyumbangkan plasma darahnya, kalian juga bisa! β €β € Untuk teman-teman sesama COVID-19 survivor yang tertarik bisa hubungi aku untuk tanya-tanya atau jika berminat ingin tahu bagaimana prosesnya, bisa juga langung hubungi Unit Transfusi Darah di RSPAD Gatot Subroto. β €β € If we can help each other, why not, right? πŸ’ͺ🏽😊. . . . #donor #plasmadonorssavelives #bersamalawancorona #bersamalawancovid19 #gotongroyong #wereinthistogether #helpeachother #indonesian #indonesianintheworld

A post shared by Ratri Anindyajati (@ratrianindya) on

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

β€œPortal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719