Nasional Kesehatan

Sembuh dari Covid-19, Pasien 03 Ratri Anindya Sumbangkan Plasma Darahnya

Sembuh dari Covid-19, Pasien 03 Ratri Anindya Sumbangkan Plasma Darahnya
57 / 100
Plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh dipercaya dapat digunakan untuk membatu pasien Covid-19 yang masih berjuang.

JARINGAN INDONESIA – Setelah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu, Ratri Anindya, pasien nomor kode 03 positif Covid-19 belum lama ini mendonorkan plasma darahnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Hal tersebut diunggah dalam akun Instagram miliknya @ratrianindya pada Sabtu (18/4/2020). Menurut Ratri, plasma darah pasien yang sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang berjuang untuk sembuh dari Covid-19.

“Ternyata memang sesuai penelitian ttg Covid-19 per hari ini, plasma darah orang yg sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yg sedang terpapar,” jelasnya dalam keterangan foto.

Ia juga menjelaskan jika proses pendonoran plasma darahnya berjalan lancar. Total, proses pengambilan plasma darah mencapai 200 cc yang dilakukan hampir satu jam dengan alat khusus yang menyaring plasma darah dari darah merahnya.

Tak lupa, Ratri yang datang bersama ibu dan kakaknya, yang juga survivor Covid-19, mengajak para pasien sembuh lainnya untuk bisa ikut menyumbangkan plasma darah mereka.

“Jadi untuk teman-teman yg sudah sembuh atau akan sembuh, dan jika sudah benar-benar pulih dan berkenan utk menyumbangkan plasma darahnya, kalian juga bisa!,” jelasnya.

Hingga saat ini, unggahan foto Ratri telah disukai oleh lebih dari 1.900 orang dan dikomentari ratusan komentar dari warganet. Unggahan Ratri tersebut pun direspon positif oleh banyak pengikutnya.

Salah satunya, ada yang bertanya menganai cara menjadi pendonor seperti Ratri.

“Gua mau juga jadi pendonor, gimana caranya mbak?? Mohon ijin untuk DM ya,” komentar @burungtweety. [suara.com]

https://www.instagram.com/p/B_HypJrA2ZO/?igshid=112qjj925sg3e

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *