Kesehatan

Penting! Ini 8 Obat Alami untuk Mengatasi ISPA Usai Banjir

Penting! Ini 8 Obat Alami untuk Mengatasi ISPA Usai Banjir

Bencana banjir melanda banyak wilayah di Indonesia. Seiring dengan telah surut air, kini bisa pula muncul berbagai penyakit, salah satunya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang memang rentan terjadi selama banjir hingga surut. Sebagai informasi bagi Cakap People, ISPA terjadi karena penurunan daya tahan tubuh korban banjir sehingga tubuh akan jadi mudah terkena infeksi. Nah, untuk mengatasi penyakit ini, bisa dengan menggunakan beberapa jenis obat alami berikut ini.

Berkumur dengan air garam hangat diyakini bisa jadi salah satu cara yang efektif untuk melegakan hidung dan tenggorokan sehingga baik untuk saluran pernapasan, seperti yang dilansir oleh laman Detik.com. Lakukan cara ini setiap pagi agar napas terasa lebih lega. Bawang putih juga sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan mengatasi berbagai penyakit. Kandungan profilatik yang dimilikinya mampu mencegah flu dan masuk angin. Bawang putih dianggap lebih bermanfaat jika dikonsumsi mentah, namun riset membuktikan konsumsi dalam bentuk matang tidak menurunkan manfaatnya.

Penggunaan jahe sebagai salah satu obat alami juga tak lagi diragukan dalam dunia medis. Dengan manfaat antivirus, antimikroba, dan antiradang mampu mengatasi penyebab utama ISPA. Jahe pun bisa dikonsumsi langsung atau direbus dalam air mendidih. Kemudian, madu juga bisa jadi alternatif untuk meringankan ISPA. Madu mengandung antibakteri dan berbagai nutrisi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Madu bisa dicampur dalam air hangat dan perasan jeruk lemon untuk dikonsumsi.

Penting! Ini 8 Obat Alami untuk Mengatasi ISPA Usai Banjir 1

Tak hanya itu, daun eucalyptus atau minyaknya juga bisa membantu melegakan saluran pernapasan. Untuk memanfaatkannya, daun atau minyaknya ditambahkan dalam air mendidih. Uapnya dapat dihirup untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada pernapasan. Bunga echinacea yang termasuk golongan asteraceae juga memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk daya tahan tubuh. Kini, produk echinaceae tersedia dalam bentuk teh, herba kering, pil atau kapsul, dan cairan.

Salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi ISPA adalah diuap atau inhaling steam, yang dapat dibuat sendiri dengan mendidihkan satu liter air ditambah kayu kamper. Uapnya bisa dihirup 10-15 menit untuk melegakan saluran pernapasan. Namun, sebaiknya jangan digunakan pada anak-anak, ibu hamil, dan pasien hipertensi. Terakhir, Cakap People juga bisa mencoba berjemur di bawah sinar matahari di bawah jam 9 pagi. Jika tidak juga membaik, disarankan untuk segera ke dokter!

sumber; cakapcakap.com

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *