Pendidikan

Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar

Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar
72 / 100

JARINGAN INDONESIA – Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar

Program Studi Keperawatan dan Program Studi Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengabmas) yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabmas kali ini sedikit berbeda dengan pengabmas yang dilakukan oleh teman-teman Prodi sebelumnya yakni di balut dengan kegiatan menjadi relawan di Daerah Majene Sulawesi Selatan yang merupakan daerah terdampak bencana.

Pengabmas yang dilakukan oleh dosen dari Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemic UINAM Makassar berkolaborasi dengan mahasiswa keperawatan yang terhimpun dalam organisasi Vena (Volunteer Nurse Of Alauddin) serta tim relawan dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan. Pengabmas ini dilakukan di Desa Sulai Kec. Ulumanda dan Desa Tubo Selatan Kec. Tubo Sendana Kab. Majene, pada tanggal 23-24 Januari 2021. Selain berkolaborasi dengan dua lembaga tersebut, kegiatan ini juga didukung oleh Komunitas Sedekah Berkah Sulawesi, DPK PPNI Komisariat UIN Alauddin Makassar dan para donatur.

Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar - Jaringan Indonesia
Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar – Jaringan Indonesia

Persiapan pengabmas dilakukan cukup singkat yakni kurang lebih 4 hari yang dilaksanakan pada 18-21 Januari 2021, namun dengan kerjasama tim persiapan dapat dimaksimalkan. Tim Prodi dan Vena berangkat dari Kampus II Samata, Kabupaten Gowa pada  tanggal 22 Januari 2021 menuju Desa Sulai, Kec. Ulumanda Kab. Majene dan bergabung dengan Tim Dompet Dhuafa pada tanggal 23 Januari 2021.

Hari pertama melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan di Posko Pengungsian di Desa Sulai, pemberian obat-obatan dan multivitamin sesuai dengan hasil pemeriksaan kesehatan, pemberian penguatan psikososial pada beberapa pengungsi, terapi bermain pada anak-anak di posko pengungsian sebagai salah satu dukungan psikologis, perawatan luka serta melakukan evakuasi salah satu warga di posko pengungsian ke puskesmas terdekat.

Hari kedua kegiatan, tim dibagi menjadi dua kelompok yakni tim kelompok satu kembali melakukan intervensi di Posko pengungsian di Desa Sulai Kec. Ulumanda kab. Majene dan tim kelompok dua melakukan intervensi di Desa Tubo Selatan Kec. Tubu Sendana Kab. Majene. Kegiatan di Posko Desa Sulai terdiri atas pemberian intervensi pijat bayi dengan melatih orang tua yang memiliki anak usia dibawah 2 tahun, edukasi kesehatan tentang pentingnya ASI dan melatih ibu-ibu menyusui melakukan pijat payudara untuk mempertahankan kelancaran ASInya dan menyiapkan ruangan Bilik Menyusui didalam tenda pengungsian. Tujuan dari Bilik Menyusui ini sebagai tempat privasi dan memberikan kenyamanan dalam menyusui di posko pengungsian. Intervensi di Desa Tubo Selatan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan multivitamin, serta perawatan luka.

Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemic UINAM Makassar

Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar - Jaringan Indonesia
Pengabdian Masyarakat Di Masa Pandemi UINAM Makassar – Jaringan Indonesia

Patima, S.Kep, Ns., M.Kep, Kaprodi Ners sangat mendukung kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini karena kegiatan ini adalah wujud nyata pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, disamping itu kegiatan ini merupakan salah satu cara mengasah kepedulian dosen dan mahasiswa merespon kondisi lingkungan disekitarnya. Harapannya semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat korban bencana meskipun dengan kendala keterbatasan waktu yaitu hanya berlangsung selama 2 hari tapi dengan kerja keras dan niat ikhlas dari dosen dan mahasiswa maka kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar” ucapnya.

Rahmat HM, pimpinan Dompet Dhuafa Sulsel sebagai pihak partnership sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh relawan dari Prodi Keperawatan dan Ners Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. “Bilik Menyusui dengan kegiatan pijat bayi dan pijat payudara dapat meningkatkan kesehatan bayi dan kenyamanan ibu dalam menyusui. Pijat payudara ini dapat melancarkan ASI sehingga bayi tetap mendapatkan asupan terbaik selama dalam pengungsian” katanya.

Rencana awal Tim Pengabmas akan menuju ke lokasi Malunda dan Kota Mamuju, hanya saja di hari yang telah ditentukan masih ada longsor yang menutupi jalan sehingga kegiatan hanya dipusatkan pada dua desa. “Kami, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan, salah satunya yakni para pimpinan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, sehingga kegiatan kemanusiaan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan” ucap Ns. Rasdiyanah, S.Kep, M.Kep., Sp.Kep.Kom selaku penanggung jawab kegiatan Pengabdian Masyarakat Keperawatan UIN Alauddin Makassar.

Redaksi JI
About Author

Redaksi JI

Jurnalis Jaringan Indonesia Sosial Media :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *