Pemkab Gowa Apresiasi Sejumlah OPD atas Capaian SAKIP dan Pelayanan Publik Gowa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

GOWA, JARINGAN INDONESIA –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memberikan apresiasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Gowa atas capaianya dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) tahun 2018, dan Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2019, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (3/2).

Penyerahan yang dirangkaikan dengan upacara bendera tersebut diberikan kepada sembilan OPD untuk hasil SAKIP dan 23 untuk kinerja pelayanan publik tahun 2019 yang terbagi dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebanyak 11 OPD, kepatuhan standar pelayanan publik 7 OPD, dan pengelola pengaduan pelayanan publik 5 orang.

Adapun penerima SAKIP yakni Inspektorat, Dinas Pendidikan, Bapenda, Ketahanan Pangan, Perhubungan, BPKD, Kecamatan Bonsel, Bajeng Barat, dan Kecamatan Bontolempangan.

Sementara untuk evaluasi kinerja pelayanan publik 2019 diantaranya Bapenda, Dinsos, Dishub, Pattallassang, Tinggimoncong, Bontomarannu, Manuju, UPT Puskesmas Somba Opu, UPT Puskesmas Pallangga, UPT Puskesmas Bontonompo, dan UPT Puskesmas Tinggimoncong, dan lain-lain.

Terkait pengelola pelayanan publik perangkat daerah dan BUMD terbaik diberikan kepada Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Je’neberang.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni usai menyerahkan piagam penghargaan mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada OPD karena berhasil mendorong peningkatan kinerja sesuai yang diamanahkan sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian sasaran pembangunan Kabupaten Gowa.

“Penghargaan yang diraih Pemkab Gowa tentu tidak terlepas dari upaya dan kerja keras kita bersama, sehingga hari ini diberikan penghargaan sebagai reward sebagai dorongan dalam meningkatkan kinerja OPD dan menjadi bahan evaluasi untuk penyempurnaan kedepan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bagian Organisasi, Azhari Azis mengatakan evaluasi ini sebagai bentuk implementasi manajemen kinerja OPD masing-masing.

Dari hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Gowa tahun 2018, Gowa menorehkan predikat B. Sehingga dari hasil tersebut OPD harus terlibat langsung dan mampu mengetahui SAKIP di OPDnya agar mampu meningkatkan SAKIP minimal BB.

Sedangkan bidang pelayanan publik, dalam mewujudkan pemerintahan yang makin terbuka maka pemda diarahkan untuk selalu transparan, akuntabel, dan inovatif.

Dari hasil capaian pelayanan publik, Kabupaten Gowa meraih predikat kepatuhan tinggi atau zona hijau dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam top 30 terbaik nasional.

“Melalui penghargaan ini OPD telah dikategorikan sehingga ini bukan hanya sekedar menilai OPD, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing,” pungkasnya. (Ryn)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719