Pembuatan Gitar Custom di Kota Makassar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Harmoni, begitu biasa orang mengenal tempat pembuatan gitar yang terletak di Jalan Adyaksa Kota Makassar. Meski tempat membuat gitar itu hanya berukuran kurang lebih 3×5 meter, namun gitar buatan buatan tempat tersebut sudah banyak dipesan oleh para musisi di Makassar, bahkan dijual hingga ke luar negeri.

Pemilik tangan terampil itu adalah Taufik, seorang warga asli Kota Makassar yang telah memulai membuat gitar sejak tahun 2015 dengan metode manual (hand Made).

Awalnya, ia hanya servis gitar namun dari sana ia mulai berpikir untuk membuat gitar yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Dalam pembuatan gitar pertamanya ia selalu mengalami kegagalan demi kegagalan namun dalam kegagalan itu ia menemukan cara dan pola untuk membuat gitar yang berkualitas meski semuanya serba manual.

“Pesanan pertama tahun 2018, di tahun ini pula kami mulai profesional dalam pembuatan gitar, maski sampai hari ini kami masih belum puas” ucap Taufik.

Gitar buatan Taufik itu sudah dipesan oleh orang-orang berkebangsaan Francis, India dan Venezuela, pernah dapat komentar dari musisi Australia tentang gitar buatannya. Ia mengaku gitarnya telah dipesan oleh banyak orang di seluruh Indonesia, mulai Sabang hingga Merauke dan juga Kota Makassar memesan gitar di tempatnya.

Pembuatan Gitar Custom di Kota Makassar 2

Taufik tak pernah menjual gitarnya dengan skala besar. Dalam satu bulan ia hanya membuat paling banyak 2 gitar saja. Ia mengatakan bahwa ia ingin menjaga kualitas gitar buatannya itu.

Sebab, bukan sembarang gitar yang ia buat. Gitar buatannya merupakan pesanan para pelanggan yang memang gitaris. Sehingga Taufik hanya menerima pesanan custom dari para pemesan.

Para pemesan yang datang akan berdiskusi terlebih dahulu kepada Taufik. Terkait model gitar seperti apa yang diingkan, menggunakan bahan apa, hingga melodinya seperti apa.

Pembuatan Gitar Custom di Kota Makassar 3

“Kalau pesenan kan sesuai selera, karakter suara dapat dibentuk, bahan juga bisa milih,” ungkap Taufik.

Beragam jenis gitar ia buat mulai dari gitar akustik, gitar listrik, ukulele, dan alat musik dawai lainnya. Bahan yang ia gunakan pun bukan sembarang bahan, ia menggunakan kayu mahoni, mabel dan cyprus. Bahan-bahan itu lah yang membuat gitar buatan Taufik berbeda dengan gitar yang ada di toko-toko.

Selama ini, Taufik hanya memasarkan di media sosial. Namun selalu terkendala pada alat dan mesin ketika pesanan membludak.

Pembuatan Gitar Custom di Kota Makassar 4

Taufik mengatakan bahwa saat ini ia kalah saingan dengan produk buatan Cina dan Taiwan . Namun, ia mengakui kualitas produk buatannya lebih bagus buatannya. Dari bahan saja lebih bagus bahan yang digunakan Taufik.

Pernah ia mencoba untuk produksi massal, namun terkendala pada modal, alat atau mesin “seandainya ada yang mau kasi saya modal dan mesin Insya Allah saya akan produksi massal dengan tetap menjaga kualitas” ungkapnya.

Pembuatan Gitar Custom di Kota Makassar 5

“Disini saya juga membuat kerajinan lainnya seperti; lampu tidur atau hiasan kamar, pas bunga, box, asbak dan apa saja selama itu berbahan kayu, karna disini ada banyak limbah kayu itulah saya manfatkan untuk membuat kerajinan tangan lainnya” tutup Taufik.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719