Pembongkaran Stadion Mattoanging Segera Dilelang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

SULSEL, JARINGAN INDONESIA – Perhitungan aset atau proses taksasi Stadion Mattoanging telah 100 % rampung. Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan akhirnya mengusulkan pembongkaran bangunan ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahrga Dispora Sulsel, Muhlis mengaku, telah mendapat hasil taksasi dari Disperkimtan dan telah diserahkan ke BKAD untuk selanjutnya dilelang. Namun, hasilnya masih bersifat rahasia.

Ia berharap, BKAD dan biro pengadaan mampu memformulasikan tahapan lelang secara maksimal. “Kita serahkan ke biro pengadaan untuk dilelang, jadi masih rahasia. Rehabilitasi stadion itu butuh dana yang maksimal. Semakin banyak penawaran, semakin bagus,” katanya Jumat (14/8/2020).

Menurut Muhlis, seluruh bangunan stadion harus dibongkar total. Mengingat struktur bangunan atau beton tidak sanggup lagi menopang untuk pembangunan baru. Apalagi sesuai rencana, stadion tersebut akan menjadi sport center bertaraf internasional.

Sementara, Kabid Verifikasi dan Sertifikasi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanian Provinsi Sulsel, Irlan Laeba membenarkan bahwa hasil taksasi sudah diserahkan ke Dispora sejak Kamis (13/8/2020). Proses taksasi dilakukan cukup cepat yakni kurang lebih dua pekan.

“Nilainya berupa sistem persentasi. Semua item telah dinilai, bahkan tanah timbunannya. Proses lelang kami percayakan ke BKAD,” ungkapnya.

Kepala Dispora Sulsel, Andi Andi Arwin Azis menargetkan awal bulan Oktober sudah bisa mulai pembangunan konstruksi. Kata dia, seluruh tahapan proses rehabilitasi Stadion Mattoanging berjalan secara simultan.

Seperti penyusunan dokumen evaluasi lingkungan hidup (DELH), hingga penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), kemudian Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) pun suda berproses.

“Tidak ada proses yang terhambat, penyusunan Andalalin sementara dibahas. Proses yang dilakukan kami pastikan berjalan sesuai aturan,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, anggaran untuk pembongkaran dan rehabilitasi Stadion Mattoanging butuh Rp 1 triliun. Sementara, anggaran yang sudah tersedia dari APBD Sulsel baru Rp 200 miliar. Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah bahkan telah menjamin dan bertanggung jawab akan anggaran.

“Ini hampir 1 triliun tapi tahun ini kita siapkan 200 miliar. Itu akan segera dimulai pembangunan. Jangan tanyakan sisanya, itu dari mana tanggung jawabnya Gubernur itu pokoknya, poinnya ini harus selesai,” tegas Nurdin Abdullah.(Zch/JI)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719