Presiden Joko Widodo (Foto: dok. Kompas)

Pastikan Mereka Ini yang Dapat BLT Pak Jokowi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Pemerintah berencana menyalurkan insentif berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk menyelamatkan daya beli masyarakat. Lalu masyarakat mana yang sepantasnya mendapatkan bantuan BLT?

Agar penyaluran BLT ampuh untuk mendorong daya beli masyarakat di tengah darurat corona, pemerintah diminta untuk betul-betul memperhatikan siapa saja yang wajib menerima BLT.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, setidaknya BLT bisa untuk menjaga daya beli masyarakat di kategori rentan miskin dan hampir miskin.

“Yang harus dapat masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang asongan atau kaki lima, driver, ojek daring,” tuturnya, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya dengan menjaga daya beli masyarakat di kelas itu terjaga, setidaknya memberikan harapan bagi mereka untuk melakukan konsumsi. Jika itu masih bisa dipertahankan maka ada peluang untuk menjaga ekonomi agar tidak jatuh terlalu dalam.

“Kalau konsumsi dilakukan maka bisa berdampak terhadap ekonomi. Karena konsumsi rumah tangga menyumbang 50% terhadap PDB Indonesia,” tambahnya.

Ekonom Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan menambahkan, mereka yang berhak mendapatkan BLT adalah orang yang bekerja dengan upah harian dan mingguan. Para pekerja itu sulit mendapatkan pemasukan semenjak social distancing dan work from home (WFH) diterapkan.

“Stimulus fiskal melalui BLT sudah sangat urgent disalurkan. Di masa krisis seperti ini, lupakan sejenak sisi suplai, fokus kepada sisi permintaan yang saat ini mulai terganggu,” tambahnya.

Sementara Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menilai mereka yang berhak mendapatkan BLT adalah masyarakat yang menjadi korban PHK akibat wabah corona. Selain itu juga bagi mereka para pedagang kecil yang kehilangan omzet.

“BLT menurut saya bukan untuk menjaga momentum ekonomi, bukan untuk menahan ambruknya ekonomi. BLT kita butuhkan untuk mengurangi dampak negatif wabah corona terutama bagi kelompok miskin. Mereka yang kehilangan pekerjaan dan income akibat virus corona. Merekalah yang harus menjadi target penyaluran BLT,” ucapnya. (detik.com).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719