IDN Times/Cynthia Kirana

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Keseruan event Indonesia Millennial Summit 2020 yang berlokasi di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan pada tanggal 17-18 Januari 2020 telah berlangsung dengan sukses dan meriah. Para pengusaha wanita juga ikut hadir dan memeriahkan panggung Future is Female dengan mengusung tema “Propelling The Next Gen of Female Entrepreneurs” pada Sabtu (18/01). Mereka adalah Carline Darjanto (Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK), Ria Sarwono (Founder, Brand & Marketing Director of COTTONINK), Anandita Makes Adoe (CFO of Plataran Indonesia) dan Sarita Sutedja (Founder & Deputy of Corporate Communication CRP Group). Para pengusaha wanita ini ingin mendorong dan menginspirasi para perempuan untuk menjadi entrepreneur. Apa saja ya tipsnya, yuk simak kisah inspiratif mereka!

1. Punya ide bisnis, harus segera dilakukan dan buat ide itu jadi nyata

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female! 1

IDN Times/Cynthia Kirana

Menurut Anandita selaku CFO dari Plataran Indonesia, pasti kita memiliki banyak ide, satu hal yang dipelajari selama bertahun-tahun adalah hal yang paling penting untuk kamu adalah “just do it”, hal tersebut terkesan simpel tapi lakukan saja, karena jika tidak dilakukan sekarang, kamu akan kehilangan waktu dan yang paling penting adalah kamu kehilangan kesempatan.

2. Keluarga dan teman-teman dekat berpengaruh besar untuk terjun ke dunia bisnis

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female! 3

Carline, Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK mengaku bahwa memang sosok ibu yang saat kecil sudah menginspirasinya untuk menjadi wanita yang mandiri. Ibu sejak kecil sudah menyuruh Carline untuk menjadi dokter gigi dengan alasan, menjadi seorang dokter gigi itu bisa kerja sendiri, bisa bekerja di rumah dengan jam kerja fleksibel. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan sehingga mulai dari SD sudah ingin hidup mandiri dan sebisa mungkin tidak tergantung oleh orang lain.

Ada dua yang mempengaruhi Sarita terjun di dunia bisnis, yaitu: teman-teman kuliah dan the power of kepepet. Karena dari sejak kuliah, ia memang dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki skill yang hebat, jadi itu mempengaruhi Sarita dalam menekuni dunia bisnis.

3. Perempuan bisa mengambil keputusan dengan menyeimbangkan logika dan hati

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female! 4

Menurut Sarita “Logika dan perasaan bukan versus di kerjaan, keduanya dibutuhkan dalam memutuskan sesuatu dalam perusahaan. Perasaan juga penting, sebagai pemimpin kita harus bisa membuat tim merasa nyaman dan memberikan arahan ke mereka, gimana kita melangkah, nggak cuma logic yang dibutuhkan. Manusia punya perasaaan, emosi justru perlu tapi kadarnya harus di-balance dengan logic, harus combine, karena kerja bersama sama manusia bukan robot,” ungkapnya.

4. Menjadi pengusaha wanita, harus bisa menyeimbangkan karir dan keluarga

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female! 5

Setelah punya anak dan keluarga, Carline mengakui bahwa membagi waktu itu sangat susah dilakukan. Tapi setelah ia jalani, yang paling penting adalah kamu bisa melakukan satu demi satu. Jangan bekerja sambil menyuapi anak makan, jika ingin bekerja dahulu, kamu bisa lakukan selama waktu yang dibutuhkan, dan setelah selesai dengan pekerjaan tersebut, kamu bisa fokus quality time with family, that’s much better dan bisa memberikan perhatian seutuhnya ke keluarga.

5. Royale Parfum Series by So Klin memberikan apresiasi untuk para pengusaha wanita

Para Pengusaha Wanita Indonesia Ini Buktikan, Future is Female! 6

Royale Parfum Series by So Klin, Pink Satin, pelembut pakaian konsentrat, yang mengusung tema Scent For Success, turut menginspirasi para perempuan untuk menjadi entrepreneur. Wanita harus mampu tampil percaya diri dalam segala situasi baik kehidupan profesional maupun menjalankan role dalam keluarganya. Royale Parfum Series by So Klin menyambut baik Carline Darjanto (Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK), Ria Sarwono (Founder, Brand & Marketing Director of COTTONINK), Anandita Makes Adoe (CFO of Plataran Indonesia) dan Sarita Sutedja (Founder & Deputy of Corporate Communication CRP Group) sebagai contoh success female entrepreneur di Indonesia.  Sumber: www.idntimes.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719