Pakar Hukum: Ada Skenario Besar Mengapa Harun Masiku Belum Ditangkap

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Kader PDI Perjuangan, Saeful Bahri yang juga terdakwa dalam perkara dugaan suap terkait pergantian anggota DPR RI terpilih 2019-2024 akan memasuki babak baru.

Saeful Bahri akan menghadapi sidang tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum KPK usai para saksi sudah dihadirkan di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sidang agenda tuntutan tersebut akan berlangsung pada Rabu (6/5) besok.

Namun demikian, KPK hingga saat ini belum mampu menangkap tersangka lainnya yakni Harun Masiku, yang juga merupakan kader DPP PDIP.

Padahal, Saeful Bahri kerap kali menyebut bahwa uang suap berasal dari Harun Masiku.

Meskipun, ia juga selalu melaporkan setiap peristiwa transaksi uang tersebut kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Melihat itu, pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai, adanya skenario besar yang terjadi sehingga hingga detik ini Harun Masiku tak kunjung ditangkap.

“Saya menduga ada skenario besar untuk memotong mata rangkain fakta sehingga Harun sampai detik ini belum tertangkap,” ucap Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (1/5).

Padahal, KPK pun juga telah melibatkan Polri untuk memburu dan menangkap Harun. Namun, upaya tersebut juga tak mampu membuahkan hasil.

“Sangat mungkin ada yang ditakutkan dengan adanya kesaksian Harun, sehingga hingga sampai ini belum menemukan titik terang tentang keberadaannya,” katanya.

Karena kata Saiful, jika Harun Masiku tak kunjung ditangkap dan di adili di persidangan, maka akan ada fakta tersembunyi yang tidak akan terungkap.

Hal tersebut dapat memberikan keuntungan pihak-pihak tertentu yang terlibat dalam kasus yang juga menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan juga kader PDIP lainnya yakni Agustiani Tio Fridelina.

“Justru dengan tanpa Harun Masiku akan ada fakta tersembunyi yang tidak terungkap dalam persidangan, dengan demikian akan ada pihak-pihak yang diuntungkan. Kalau Harun belum tertangkap, maka saya yakin pembuktian tidak akan optimal. Sulit untuk menjerat pihak lain yang terlibat,” jelasnya.

Dengan demikian, Saiful pun menduga tak kunjung ditangkapnya Harun Masiku merupakan bagian dari rencana besar agar tidak dapat menjerat pihak lain yang mungkin terlibat.

“Bisa saja ini sudah bagian dari rencana besar yang sengaja dilakukan agar tidak dapat menjangkau pihak lain yang terlibat,” pungkasnya. [rmol.id]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719