News Nasional Sulsel Ekonomi Bisnis

Nurdin Abdullah Minta Bank Ringankan Kredit bagi UMKM Terdampak Banjir Bandang Lutra

Nurdin Abdullah Minta Bank Ringankan Kredit bagi UMKM Terdampak Banjir Bandang Lutra
64 / 100

MAKASSAR, JARINGAN INDONESIA -– Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah siap memfasilitasi kemudahan kredit bagi para korban banjir bandang di Masamba, Lutra. Terutama bagi pengusaha dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang punya pinjaman di Bank.

Hal itu telah dibicarakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan para pelaku perbankan di Sulsel. Dia meyakini penangguhan bisa diberikan melihat korban banjir saat ini di Lutra.

“Mereka sudah kehilangan rumah dan tinggal di tenda pengungsian. Kami tentu sangat prihatin dan akan mengusahakan keringanan pembayaran kredit bagi korban banjir,” ungkap Nurdin Abdullah, Rabu, (22/7/20).

Ia meminta warga yang punya kredit melaporkannya ke Pemda Luwu Utara. Nantinya, pemda yang akan memfasilitasi pengajuan korban ke Pemprov Sulsel.

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), Moh Nurdin Subandi mengatakan, pihaknya merespons positif langkah yang diambil Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah terhadap korban banjir bandang. Apalagi banyak debitur atau UMKM yang terdampak.

Hal tersebut menjadi perhatian OJK seperti halnya kebijakan terhadap debitur yang terdampak musibah dibeberap daerah. Akan ada kemudahan namun kita tunggu saja dulu mekanismenya seperti apa,” jelasnya.

Menanggapi itu, Bank BRI siap memberikan keringanan pembayaran kredit kepada debitur terdampak bencana banjir bandang Lutra. Kebijakan tersebut berupa penundaan pembayaran terhadap debitur yang terdampak.

“Bisa restruk dengan menyesuaikan ‘Cashflow’ nasabah. Pengajuannya bisa langsung ke kantor BRI tempat nasabah ambil kredit,” terang Kepala Kantor Wilayah Bank BRI Makassar, Presley Hutabarat seperti dikutip dari harian Sulsel. (ryn)

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *