Nurdin Abdullah Ikuti Pemeriksaan di Posko Siaga Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

ENREKANG, JARINGAN INDONESIA — Dalam roadshow kunjungan ke berbagai daerah untuk menyerahkan bantuan penanganan Covid-19, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, selalu mengikuti protokol kesehatan penanganan. Termasuk pada pos-pos pemeriksaan di setiap kabupaten/kota.

Hal ini juga terlihat di Posko Siaga Darurat Pencegahan dan Antisipasi Covid-19 di Luwu Utara. Sabtu, (9/5/20).

Demikian juga beberapa diantaranya Pos Pemeriksaan di perbatasan Toraja Utara-Tana Toraja serta perbatasan Sidrap-Enrekang.

Di Posko Salokaraja di Kecamatan Maiwa, Perbatasan Sidrap-Enrekang misalnya, Nurdin Abdullah mengikuti alur pemeriksaan sebagai pendatang. Kendaraan yang digunakan juga disemprot dengan disinfektan, kemudian ia masuk ke bilik disinfektan.

Selanjutnya menuju tenda pemeriksaan/screening. Di bagian ini identitas ditanyakan, datang dari mana dan tujuan kemana. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan diberikan edukasi.

Kepala Puskesmas Maiwa, Yuliati SKM, mengatakan, respon masyarakat bervariasi atas pemeriksaan ini. Namun mereka diwajibkan untuk mengikuti prosedural ini dan diberikan edukasi.

“Kalau untuk respon warga bervariasi. Ada yang menerima, adapula yang menolak. Yang menerima tetap kami lanjutkan sesuai alur. Yang menolak kami berikan edukasi tentang Covid-19,” jelasnya, Sabtu, 9 Mei 2020.

Selanjutnya, pendatang dibagi atas dua status yang akan tinggal di Wilayah Kecamatan Maiwa dan untuk di luar Kecamatan Maiwa. Untuk mereka yang akan menetap di Kecamatan Maiwa diberikan Surat Keterangan Pemantauan sebagai bukti telah diperiksa di posko Covid-19 di Salokaraja, kemudian akan dipantau selama 14 hari oleh aparat desa dan petugas kesehatan desa.

Bila ada gejala segera melapor ke puskesmas, dan akan dilakukan upaya ke rumah sakit untuk pemeriksaan selanjutnya. Bila tanpa gejala, melalukan isolasi mandiri. Sedangkan yang akan keluar wilayah Maiwa tanpa gejala akan diedukasi rajin cuci tangan dan jaga jarak.

“Sedangkan bila ada gejala, melapor ke Posko Covid-19 Kabupaten Enrekang,” jelasnya.

Salah satu petugas kesehatan yang bertugas, Nurlinda Halim, mengapresiasi langkah yang dilakukan gubernur untuk mengikuti alur pemeriksaan.

“Terima kasih Pak Gubernur mau singgah di posko, sehingga kami berharap pedatang lainnya juga bersedia. Ini sebagai upaya kita bersama melawan Covid-19,” kata Nurlinda Halim. (Zch)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719