Mendidik Karakter Anak Melalui Pelatihan Manasik Haji

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR, JARINGAN INDONESIA – Anak-anak dari sekolah Taman Kanak-kanak mengikuti kegiatan manasik haji di Asrama Haji Sudiang. Rabu, (26/2/20).

Mereka dibiasakan untuk mengenal ritual ibadah haji di Baitullah sejak dini.

Anak-anak tersebut berasal dari sekolah taman kanak-kanak Gugus III Kecamatan Tamalanrea Makassar. Jumlah anak yang terlibat dalam acara manasik haji ini sebanyak 158 orang. Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Andi Muliana.

“Proses ini diberikan kepada anak-anak untuk mengenalkan ibadah haji sejak dini,” kata Lidya salah satu orangtua murid Taman Kanak-kanak Buq Atun, Gugus III Kecamatan Tamalanrea. “Nanti pada saat dewasa, mereka akan tergerak untuk menunaikan ibadah haji”. Lanjut Lidya.

Dalam manasik haji ini terang Andi Muliana Kepala Sekolah Buq Atun, “anak-anak diberikan bekal pengetahuan tentang ibadah haji, melakukan ritual seperti tawaf, sai, melempar jumrah dan lainnya. Harapannya semua yang dipelajari anak-anak ini dapat mendorong anak-anak untuk menjalankan rukun Islam yang kelima yakni melaksanakan ibadah haji ke Baitullah”.

Mendidik Karakter Anak Melalui Pelatihan Manasik Haji 2

Ibu Hafis orang tua murid TK Buq Atun mengatakan, “Yang namanya ibadah perlu ada pembiasaan, Misalnya, kenapa anak shalat karena dibiasakakan shalat oleh orangtuanya dan rajin mengaji karena dibiasakan. Oleh karenanya, kenapa anak mempunyai mimpi ke Baitullah karena dibiasakan atau dikenalkan dengan proses ibadah haji sejak kecil”.

Mendidik Karakter Anak Melalui Pelatihan Manasik Haji 3

Intinya Andi Muliana mengatakan, ibadah perlu proses pembiasaan. Contohnya dengan kegiatan manasik haji untuk anak-anak. Nantinya selepas kegiatan akan timbul kecintaan dan harapan Insya Allah mereka bisa melaksanakan haji ke Baitullah.

Orang tua murid yang lain mengatakan, kegiatan ini juga bagian dari menciptakan masyarakat, religius, nyaman dan sejahtera. Di mana dapat diawali dari komitmen keagamaan yang kuat.

Mendidik Karakter Anak Melalui Pelatihan Manasik Haji 4

Sementara, pada kesempatan tersebut, salah satu pembimbing manasik haji anak yang juga Kepala Sekolah dari TK Buq Atun Tamalanrea Makassar mengatakan, pendidikan latihan ibadah haji ini banyak manfaatnya, karena tentunya kegiatan yang berlangsung hari ini tertanam terhadap jiwa anak dan akan selalu di ingat.

Salah seorang murid TK Buq Atun Aaliyah Syafira dengan bahasa polos seorang anak mengatakan, “Saya ingin pergi haji bersama Ayah dan Ibu,” imbuh dia yang memakai pakaian putih TK Buq Atun.

Kepala Sekolah TK Buq Atun diakhir penyampaian “Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada seluruh orang tua murid. Harapan ke depan terus melakukan syiar islam dan pemerintah lebih mendukung lagi,” pungkasnya. (Aas)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719