Mayoritas ABK di Sebaru Negatif COVID-19, 2 Orang Masih Diperiksa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA, JARINGAN INDONESIA – Hasil pemeriksaan spesimen dari 188 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) World Dream dan 67 ABK Diamond Princess adalah negatif Covid-19. Masih ada spesimen dari 2 ABK Diamond Princess yang masih dalam proses pemeriksaan.

”188 ABK World Dream sudah diperiksa semua dan seluruhnya negative. Yang 69 ABK Diamond Princess, 2 di antaranya masih melakukan pendalaman,” kata dr. Achmad Yurianto, Selasa (3/3) di gedung Kemenkes, Jakarta.

Seluruh ABK terpantau dalam kondisi sehat, seluruhnya terpantau dapat melaksanakan aktivitas harian dengan baik seperti olahraga, ibadah, makan dan minum. Tidak ada yang mengeluh sakit, demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Selain melakukan observasi ABK terhadap kemungkinan infeksi COVID-19, juga dilakukan surveilans penyakit potensial KLB lainnya seperti Diare, DBD, Hepatitis Klinis, Chikungunya, dan Leptospirosis. Dilakukan juga keamanan pangan di kawasan observasi, khususnya di Ring 1. Sampai saat ini tidak dilaporkan adanya kasus penyakit potensial KLB tersebut.

Gejala Covid-19 Makin Ringan

Baru-baru ini gejala klinis Covid-19 semakin ringan. dr. Ahmad menambahkan bahwa beberapa kasus malah menunjukkan gejala minimal bahkan ada yang asimptomatik tanpa gejala. Hal ini yang memudahkan orang berpergian kemanapun.

Kasus warga negara Jepang misalnya, pria berusia 60 tahun pergi berlibur bersama keluarganya ke Bali pada 15 Februari hingga tanggal 19 Februari. Ia tidak menujukkan gejala demam atau suhu tubuh tinggi sehingga tidak terdeteksi thermal scanner. Setelah tanggal 19 Februari mereka pulang ke Tokyo.

Pria 60 tahun tersebut mengeluhkan sakit lagi sehingga pada tanggal 22 Februari diputuskan harus dirawat. Ia didiagnosa terinfeksi SARS Corona virus tipe 2 (SARS-Cov-2). Ini menjadi perhatian WHO dan kewaspadaannya makin ditingkatkan.(ZR/JI/rls.)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719