Luhut Binsar Panjaitan - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi / Foto screenshot

Luhut Bandingkan Korban Meninggal Akibat Corona dengan Jumlah Penduduk

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Jumlah pasien terinfeksi di Amerika Serikat kata Menko Luhut, tembus di angka 560.000 jiwa. Jumlah pasien meninggal akibat virus ini mencapai 22.000.

JARINGAN INDONESIA – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku heran dengan kasus penyebaran virus Corona di Indonesia. Dia heran lantaran dalam tiap pembaharuan informasi yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 menunjukkan data jumlah korban meninggal akibat virus ini tidak sebanyak negara lainnya.

“Kenapa jumlah kita yang meninggal, maaf sekali lagi, itu angkanya tidak sampai 500. Padahal jumlah penduduk 270 juta,” kata Menko Luhut dalam video konferensi di Channel Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jakarta, Selasa (14/4).

Sudah ada 4.000 orang terjangkit. Namun, angka kematian masih di bawah 500 orang. Kondisi ini berbeda dengan Amerika Serikat yang jumlah penduduknya lebih banyak 60 juta orang.

Jumlah pasien terinfeksi di Amerika Serikat kata Menko Luhut, tembus di angka 560.000 jiwa. Jumlah pasien meninggal akibat virus ini mencapai 22.000. “Jadi untuk menyikapi ini, yang ingin saya jelaskan, itu juga harus hati-hati cermat, tidak grusa-grusu juga harus pas,” kata Menko Luhut.

Dia menegaskan, pemerintah terus bekerja untuk menangani pandemi global ini. Dia menepis jika dalam penanganan pemerintah bergerak lambat.

Sebaliknya, pemerintah melakukan dengan hati-hati dan cermat. Pemerintah memastikan rakyat kecil menerima jaring pengaman sosial selama pademi ini berlangsung.

Berbagai bantuan yang diberikan di di antaranya Kartu Prakerja dan bantuan langsung tunai (BLT).

“Minggu ini jalan. Kita harap Minggu depan semua jalan dengan bagus. Jadi kalau itu sudah jalan nanti lihat langkah berikutnya apa lagi,” kata Menko Luhut mengakhiri.

Jumlah Kasus Covid-19

Data nasional kasus Covid-19 hari ini, sebanyak 4.839 pasien positif, 459 meninggal dan 426 sembuh. Angka kesembuhan pasien paling tinggi di Jakarta.

“Sementara kami bersyukur, cukup banyak pasien yang sembuh. Sudah ada 426 orang sampai hari ini akumulasinya yang dinyatakan sembuh,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (14/4).

Berdasarkan data yang diterima, kata Yuri, kasus sembuh di DKI Jakarta sebanyak 163 pasien. Kemudian Jawa Timur 76 pasien, Sulawesi Selatan 33 pasien, Jawa Barat 23 pasien, Bali 21 pasien dan Jawa Tengah 19 pasien.

Meskipun total angka kesembuhan mencapai 400-an kasus, Yuri juga prihatin angka kematian tidak kalah tinggi. Jakarta menjadi wilayah dengan kasus kematian tertinggi sebanyak 241 kasus. Disusul Jawa Barat 52 kasus, Jawa Timur 41 kasus, Jawa Tengah 26 kasus, dan Banten 22 kasus.

Yurianto menjelaskan, kasus kematian akibat wabah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya penyakit bawaan seperti hipertensi, diabetes, hingga sesak napas karena asma dan Tuberkulosis.

“Data yang kami kaji lebih dalam, ternyata banyak faktor penyakit komorbid yang menjadi dasar meninggalnya kasus-kasus ini. Di antaranya, kita melihat faktor penyakit hipertensi, penyakit sesak napas karena ada kelainan di paru-paru, bisa disebabkan asma, karena TBC, ini menjadi penyebab meninggalnya kasus Covid-19. Termasuk di antaranya diabetes,” bebernya.

Oleh karena itu, tambah Yurianto, banyaknya ancaman penyakit di tengah masyarakat yang bisa menjadi faktor pemberat sehingga menambah kasus kematian.

“Kita harus mewaspadai betul di dalam konteks pancaroba. Penyakit DPD, ini bisa menjadi buruk manakala disertai Covid-19. Penyakit TBC yang ada di Indonesia manakala disertai Covid-19,” jelas dia. [merdeka.com, today.line.me]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719