Ini Dia Tanda Jika Tubuhmu Punya Masalah Kesuburan, Cek yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Agaknya hampir setiap orang mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Sebab dengan memiliki tubuh yang demikian maka Cakap People akan terhindar dari aneka penyakit. Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak ditakuti ialah perihal kesuburan. Biasanya bagi orang-orang yang sudah menikah, memiliki keturunan ialah salah satu yang ingin segera diwujudkan.

Namun jika terdapat masalah pada kesuburan maka keinginan untuk cepat hamil bisa terrhambat. Tetapi kamu tak perlu khawatir, sebab ada beberapa tanda yang bisa kamu baca jika tubuh mengalami masalah kesuburan. Apa saja tanda-tanda tersebut? Ini dia daftarnya!

1. Adanya cairan yang keluar di payudara

Kamu tidak sedang hamil maupun menyusui namun adanya cairan mirip susu keluar dari payudara? Maka hal tersebut berkemungkinan jika kamu memiliki kadar prolaktin yang tinggi sehingga bisa menjadi tanda munculnya masalah pada kesuburan. Prolaktin sendiri ialah hormon yang memberi informasi pada tubuh guna memproduksi air susu ibu. Kadar prolaktin yang terlalu tinggi dapat memicu gangguan pada cara produksi hormon seks. Makin tinggi maka wanita bisa mengalami infertilitas lantaran ovarium yang lemah.

2. Haid tak teratur

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Sehingga siklus kamu dengan wanita lain mungkin akan tak serupa. Jika siklus haid tersebut datang dengan teratur maka sepertinya tak akan jadi masalah. Tetapi bagaimana jika datang bulan tak kunjung datang? Maka kamu wajib waspada sebab bisa jadi jika ini merupakan tanda adanya masalah kesuburan padamu. Kondisi tersebut sering disebut dengan disfungsi ovulasi. Di mana seharusnya ovarium melepaskan telur supaya dapat dibuahi. Apabila tak ada ovulasi sama sekali maka kamu tidak akan mengalami haid dan ini merupakan tanda terjadinya masalah di kesuburan. Kamu yang memiliki siklus haid lebih panjang, yakni 35 hari atau kurang dari 21 hari maka perlu berkonsultasi dengan dokter.

3. Tangan dan kaki terasa dingin

Ketika kamu merasakan kaki dan tangan dingin secara terus-terusan, maka bisa jadi jika level hormon tiroid sedang tinggi. Jadi kamu perlu melakukan pengecekan. Tangan serta kaki yang dingin bisa menjadi tanda jika tubuh mengalami masalah kesuburan lantaran kurang aktifnya kelenjar tiroid. Kondisi tersebut bisa memicu ovulasi tak teratur dan berdampak pada siklus haid. Tanda yang lain dari hipotiroidisme ialah berupa pelupa, gampang lelah, sembelit hingga kulit kering.

Jadi apa Cakap People mengalami tanda-tanda di atas? Jika demikian maka kamu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719