Industri MICE Ditengah Wabah Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Tedi Hendratno, M.Si
Penggiat Industri Event di Makassar – CEO IDNESIAN

JARINGAN INDONESIA – Wabah Covid 19 telah melanda dunia termasuk Indonesia, keadaan ini telah berpengaruh besar pada seluruh sendi kehidupan, baik itu sosial, ekonomi maupun keamanan.

Pemerintah sudah berupaya secara maksimal untuk mengatasi keadaan ini, berbagai metode penanganan sudah dilakukan yang tentunya teman teman semua dapat melihat berbagai kebijakan tersebut melalui media massa.

Peristiwa ini sudah banyak memakan korban,menimbulkan kerugian dibanyak aspek, tidak terkecuali Industri MICE dan event. Sebagaimana kita ketahui bahwa Industri event, tourism, MICE dan derivatifnya hampir 75% digerakkan oleh sektor UMKM, rental mobil, penyewaan Sound System,Pekerja event lepas, pemandu wisata, jasa cetak Promosi, venue management,talent, musisi, vendor equipment dan masih banyak lagi penyokong industry ini terancam gulung tikar, belum lagi sektor utama MICE yaitu Hotel kemudian penerbangan yang sudah pasti mengalami kerugian sangat besar.

Industri MICE juga merupakan salah satu sumber pendapatan  andalan Indonesia, penyelenggaraan event, tourism, meeting yang berskala Internasional telah menjadi bagian promosi pariwisata yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dan berimplikasi pada penambahan devisa Negara, sektor ini sudah jelas menyerap banyak lapangan kerja untuk masyarakat Indoensia, yang semua benar benar pemberdayaan ekonomi kerakyatan ( baca UMKM).

Namun Sejak dikeluarkannya kebijakan social distancing dan anjuran untuk melakukan Work From Home (WFH), maka disaat itulah Industri yang memang basic pekerjaannya adalah outdoor dan menghadirkan keramaian banyak orang ini, otomatis terhenti  saya secara pribadi,  Maret adalah bulan yang cukup berat buat kami, dimana kami harus menerima kenyataan beberapa kontrak event kami dibatalkan, dan ini terjadi bukan hanya pada kami sendiri, tetapi dialami oleh semua perusahaan penggiat event diseluruh Indonesia. Ini adalah fakta yang ironi dan memang harus diambil demi menjaga keselamatan dan upaya agar tidak terjadi penularan yang lebih luas lagi.

Menurut riset IVENDO ( Industri Event Indonesia) kerugian yang diderita oleh Industri event secara nasional bisa mencapai sekitar 6,9 Triliun, angka ini meliputi kerugian akibat penundaan event, pembatalan kontrak, serta potensial income yang hilang akibat adanya wabah covid 19 ini, dimana angka tersebut menurut saya bisa saja akan terus bertambah jika kondisi perusahaan perusahaan penyelenggara event dan penyokongnya ini sampai mengalami kebangkrutan dan menjual semua asetnya.

PSBB ADALAH HARAPAN

Saat ini sudah bukan waktunya lagi untuk berkeluh kesah, Kita berharap kebijakan untuk melakukan PSBB semoga memberikan implikasi yang positif terhadap penanganan wabah covid 19, sehingga Indonesia benar benar bisa keluar dari musibah yang cukup panjang ini, dan kita semua bisa kembali bekerja seperti sedia kala,tetapi jika kita merunut dalam konsep struktur kenegaraan dimana memang tanggungjawab  regulasi dan kebijakan berada ditangan pemerintah, maka memang perlu adanya ketegasan yang lebih serius, dalam menjalankan aturan PSBB.

Memang ini  bukan hanya pada persoalan himbauan moral, karena akan terkesan tidak populis jika memunculkan ketegasan yang optimal pada pelaksanaan PSBB, sebab itulah karatker masayarakat kita ( mengambil perumpamaan, masih diperlukan ketegasan nyata) saya mengambil contoh di Kota Makassar saja, sejak adanya keputusan pemberlakukan PSBB minggu lalu, masih saja banyak masyarakat Makassar yang tetap beraktivitas seperti biasa, hari pertama memang sepih karena bertepatan dengan hari libur, tetapi ketika masuk ke Senin kesibukkan kerja kembali terjadi.

Dari fakta ini, sebenarnya yang diperlu dilakukan adalah benar benar menegakkan disiplin lewat pengawasan dan penindakkan yang tegas tehadap masyarakat yang tidak mematuhi kebijakan PSBB, saya percaya masyarakat kita akan sangat kooperatif untuk mendukung dan menjalankan PSBB jika sekiranya pengawalan aturan tersebut benar benar dilakukan. Mari bersatu padu, mendukung apa yang baik untuk Negara kita. Dalam setiap harapan selalu ada kesempatan yang Tuhan berikan. [aas, JI]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719