Foto/NET

Ijtima Dunia 2020 Resmi di Batalkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Hingga Kamis dini hari sudah lebih dari 8.000 orang yang memadati tenda-tenda yang dibangun di sekeliling pesantren itu, termasuk 400an warga asing.

“Masyarakat kami itu sangat bersahabat dengan siapa saja dan senang dikunjungi. Kegiatan ini dinanti oleh masyarakat kami, tetapi jika itu dalam situasi dan kondisi normal. Tapi sekarang berbeda, ada hal luar biasa terjadi yang masalahnya sama dihampir seluruh dunia yakni COVID-19,” katanya.

Setelah melalui proses panjang dengan kembali melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak terkait, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo secara resmi mengumumkan acara kegiatan pertemuan ulama Ijtima Asia untuk sementara di tunda.

Acara yang menghadirkan 8.000 lebih orang tersebut resmi dibatalkan untuk mencegah penyebaran corona. Apalagi acara melibatkan peserta dari luar negeri.

Ijtima Dunia di Gowa Resmi Dibatalkan

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Kamis dini hari (19/3) memastikan bahwa Ijtima Dunia Zona Asia 2020 yang dilangsungkan di kompleks Pesantren Darul Ulum, desa Niranuang, kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan resmi dibatalkan.

Video Komunikasi Bupati Gowa dengan Panitia Ijtima Dunia 2020

Istana: Ribuan Peserta Dipulangkan

Fadjroel memastikan bahwa peserta yang datang dari berbagai negara segera dipulangkan. “Hari ini semua peserta akan dipulangkan dengan pengawalan melalui bandara dan pelabuhan,” kata dia.

Fadjroel menyebutkan, pembatalan acara ini sesuai dengan imbauan Presiden Jokowi untuk melakukan social distancing dalam rangka pencegahan virus corona jenis baru yang mengakibatkan penyakit Covid-19.

Pemprov Sulsel Bantu Pemulangan

Pemprov Sulsel dipimpin langsung Gubernur Nurdin Abdullah berkoordinasi dengan Panglima Daerah Militer XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dan Kapolda Sulsel Inspektur Jenderal Mas Guntur Laupe untuk pemulangan ini.

“Sudah sepakat dengan Pangdam kolaborasi dengan Kapolda. Pertama-tama yang kita lakukan adalah mengisolasi dulu WNA. Ada 411 orang yang berasal dari enam negara antara lain dari Singapura, Banglades, Pakistan Malaysia,” kata Nurdin di Makassar, Kamis (19/3).

Para WNA ini akan ditempat di hotel. Namun tak dijelaskan lagi siapa yang akan menanggung biaya hotel ini.

Selanjutnya untuk peserta asal Sulsel hari ini langsung dikembalikan ke daerah masing-masing menggunakan bus.

Nurdin mengatakan, para bupati dan wali kota daerah asal peserta selanjutnya akan diminta untuk membantu upaya isolasi selama 14 hari.

Dalam catatan Pemprov, peserta dari luar Sulsel ini paling banyak dari Kalimantan Timur yakni 1.322 orang.

Panitia Ijtima Asia 2020

Ijtima Dunia 2020 Resmi di Batalkan 2

Abu Thoriq, Salah Seorang Panitia Ijtima Asia 2020

“Pada prinsipnya ini adalah bukti bahwa kami adalah seorang hamba Allah yang ingin menyempurnakan ketaatan kepada Allah, ingin menyempurnakan amal-amal agama dengan baik, sekaligus membuktikan seperti apa jamaah ini di dalam mentaati Ulil Amrinya, dan mentaati Umara nya” pernyataan Abu Thoriq, salah seorang panitia Ijtima Asia 2020.

Video Pernyataan Salah Seorang Panitia Ijtima Dunia di Gowa 2020

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719