Gowa Jadi target Safari Gemarikan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

GOWA, JARINGAN INDONESIA — Kabupaten Gowa menjadi salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang menjadi target Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI yang bekerjasama Komisi IV DPR RI melalui pemberian bantuan makanan berupa hasil olahan ikan

Program ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan demi mencegah penularan COVID-19 dan mencegah stunting yang tersebar di 110 titik lokasi di 21 di provinsi se-Indonesia.

Safari Gemarikan ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa yang dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI, H Azikin Solthan, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kasubdit Pemetaan Pasar dan Akses Dalam Negeri Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Harun AS, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gowa, Masykur Mansyur beserta jajarannya, Kamis (18/6/20).

Sekda Gowa, H Muchlis menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Gowa dalam program Safari Gemarikan. Program ini dianggap tepat, apalagi saat- saat sekarang ditengah pandemi yang melanda banyak masyarakat kita yang terkena dampaknya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya atas bantuan yang telah diberikan, kami yakin dengan adanya bantuan dan program ini kelompok-kelompok yang marjinal dan miskin dapat terbantu,’’ kata Muchlis.

Sekadar diketahui, Kabupaten Gowa dahulu memang terkenal dengan kerajaan maritim, tentu saat itu menghasilkan banyak hasil laut, namun sekarang dengan kondisi kekinian garis pantainya sudah berkurang dan secara otomatis produk hasil perikanan dari perairan laut tentu berkurang.

‘’Pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Gowa kembali menata dan memotivasi para masyarakat juga pelaku UMKM untuk melakukan budidaya perikanan termasuk pengolahan ikan. Sehingga pencapaian dan sasaran serta target dari Safari Gemarikan saya kira akan memperoleh hasil yang lebih signifikan lagi,’’ ujar Sekda Gowa.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, H Azikin Solthan menyampaikan bahwa ada dua kabupaten di Sulsel yang telah ia usulkan masuk dalam program Safari Gemarikan ini yakni Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bantaeng. Alhamdulillah kedua Kabupaten ini telah masuk dalam program safari gemarikan ini dan hari ini bantuan tersebut telah kami serahkan.

”Kami berharap dengan gemar makan ikan ini, masyarakat jadi terbiasa mengkonsumsi ikan karena ikan adalah salah satu asupan makanan yang memiliki protein tinggi dan dapat mencegah gizi buruk atau stunting,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menitipkan pesan kepada Pemkab Gowa untuk memanfatkan potensi pangan yang ada di Indonesia terkhusus di Kabupaten Gowa bukan hanya potensi yang ada di darat namun potensi yang ada di laut dan di perairan umum untuk terus dimanfaatkan secara maksimal.

Pada kesemlatan yang sama Kasubdit Pemetaan Pasar dan Akses Dalam Negeri Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Harun AS menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan hari ini pihaknya ingin mendorong agar masyarakat dapat meningkatkan konsumsi makan ikan juga menjadi stimulan stakeholder lainnya agar terlibat dalam kegiatan gemar makan ikan .

Pasalnya hal ini sangat penting, karena Gemarikan ini menjadi salah satu upaya kita untuk mangatasi gizi buruk.

”Program ini tentunya untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan khususnya untuk asupan protein ikan,” jelas Harun.

Tak hanya itu, Harun juga mengatakan gemarikan ini mampu mendorong ekonomi perikanan khususnya pelaku usaha perikanan.

”Jadi tujuan lain dari program kita adalah untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan olahan ikan di kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Gowa ini. Kami yakin orang Gowa sangat suka konsumsi ikan. Sehingga target kita pada 2024 mendatang, tingkat konsumsi ikan di Gowa meningkat dibanding saat ini yang hanya berada pada kisaran 41 persen daya konsumtif di tingkat provinsi. Makanya kita harus mendorong usaha olahan kita agar daya asupan konsumsi ikan di Gowa jadi lebih meningkat,” harapnya.

Adapun bantuan yang diberikan hari ini berupa makanan hasil dari olahan ikan sebayak 500 Paket yang terdiri dari bakso ikan, otak-otak ikan, abon ikan serta beberapa olahan ikan lainnya yang diproduksi oleh UMKM Kabupaten Gowa. (Ryn)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719