Giliran Emak-emak Ngadu Ke RR, Izin Usaha Sulit Hingga Potret Buruknya Pendidikan Di Masa Corona

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Keluhan tentang kinerja pemerintah era Presiden Joko Widodo terus mengalir ke begawan ekonomi Indonesia, Rizal Ramli.

Kali ini, aduan diterima RR, sapaan Rizal Ramli dari puluhan emak-emak di kantornya, Jalan Kalibata IV, Jakarta Selatan, Kamis (27/8). Sejumlah emak-emak yang mayoritas sebagai pengusaha UMKM menyampaikan sejumlah persoalan yang mereka hadapi.

Seperti halnya anggota Komunitas Pepes, Wulan. Ia mengeluhkan perihal izin berusaha yang sulit didapat, terutama untuk yang berada di level usaha ultra mikro.

“Mereka butuh akses permodalan, perizinan dan perizinan sulit, biayanya mahal. Ini yang ingin kami sampaikan,” ujar Wulan kepada RR.

Selain itu, perwakilan OK OCE Jakarta Selatan bernama Susilowati secara spesifik meminta kepada pemerintah memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi UMKM.

“Saya berharap dengan carut marutnya BPJS yang terjadi di negara ini, mungkin ada persentasi berapa atau bagaiamana tentang iuran BPJS Kesehatan. Harapan saya tidak hanya untuk kesehatan aja, tapi juga ketenagakerjaan. Karena pegiat UMKM itu rata-rata punya pegawai, kalau bisa itu dicover,” tuturnya.

Keluhan lain juga disampaikan kelompok emak-emak yang diwakili seorang tenaga pendidik bernama Anna. Dia mengungkap potret buram proses pendidikan di Indonesia selama masa pandemik Covid-19.

Jadi kendala daring ini sangat banyak, terutama yang ekonomi menengah ke bawah, apalagi kalau punya 1 handphone anaknya 3. Akhirnya gurunya harus mengerti,” keluh Anna.

“Terkendala lagi selain mereka handphone-nya terbatas, mereka yang dari menengah ke bawah sulit dalam hal kuota,” demikian Anna. (Rmol)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719