Nasional Sulsel News Politik

Gelar Sosialisasi, Bawaslu Antisipasi Sengketa Pemilihan

Gelar Sosialisasi, Bawaslu Antisipasi Sengketa Pemilihan
58 / 100

GOWA, JARINGAN INDONESIA — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar sosialisasi tata cara penyelesaian sengketa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Sosialisasi di hadiri Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kordiv. Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan staf HPP se-Kabupaten Gowa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh dalam sambutannya menyampaikan, tujuan sosialisasi dilakukan untuk menghadapi tahapan pencalonan di Kabupaten Gowa.

“Sosialisasi tata cara penyelesaian sengketa ini kami lakukan sebagai bentuk persiapan apabila terjadi sengketa pada pemilihan bupati di Kabupaten Gowa,” ungkapnya pada Jumat (23/07/20) di hotel Bukit Indah, Malino.

Pimpinan Bawaslu Sulsel, Kordiv. penyelesaian sengketa, Asradi menyampaikan, bahwa dibutuhkan mental yang kuat untuk menyelesaikan sebuah sengketa yang terjadi dalam Pilkada.

“Dalam penyelesaian sengketa Pemilu di butuhkan mental yang kuat bagi pengawas Pemilu, sehingga pengawas Pemilu harus betul-betul dibekali dengan ilmu tata cara penyelesaian sengketa”.

Asradi menambahkan, bahwa sengketa dalam pemilu bisa terjadi salah satunya karna salah satu pasangan calon merasa dirugikan oleh calon yang lain.

“Sengketa Pemilu biasanya terjadi karna salah satu pasangan calon (Paslon) merasa dirugikan, dan disinilah peran pengawas Pemilu harus mampu menyelesaikan sengketa seadil-adilnya,” tegasnya.

Hadir dalam sosialisasi, Juanto Komisioner Bawaslu Gowa, Kordiv. Pengawasan dan Hubal, Yusnaeni Kordiv Penindakan Pelanggaran, Suharli Kordiv SDM dan Organisasi beserta Korsek Bawaslu Kabupaten Gowa. (ryn)

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *