Diskominfo Buton Utara Studi Banding Pengelolaan Teknologi dan Informasi di Gowa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

GOWA, JARINGAN INDONESIA –Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan studi banding ke Diskominfo-SP Kabupaten Gowa.

Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Diskominfo-SP Kabupaten Buton Utara, Nasrullah diterima langsung oleh Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni didamping Kepala Bidang Komunikasi Publik, Widiah Restuti, Kepala Seksi Informasi Komunikasi di Peace Room Pemkab Gowa. Jumat (6/3/20).

Sekretaris Diskominfo-SP Buton Utara, Nasrullah mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Gowa untuk mengetahui program-program yang dilakukan Diskominfo-SP Kabupaten Gowa. Ia berharap ada informasi atau program yang bisa diterapkan di Kabupaten Buton Utara.

“Kunjungan kami dalam rangka mensinergikan program kami di Buton Utara yang mana dalam hal ini kami juga akan menyusun renja atau rencana kerja. Kami melakukan kunjungan studi banding atau studi tiru disini agar apa yang kami dapatkan disini dapat kami sinergikan atau sandingkan dengan Diskominfo Buton Utara sesuai dengan anggaran dan kemampuan kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, sengaja memilih Kabupaten Gowa sebagai lokasi kunjungan karena ia menilai pelayanan IT atau Informasi Komunikasi dan Persandian Diskominfo-SP Kabupaten Gowa cukup bagus di Sulawesi Selatan.

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menyambut baik kedatangan rombongan Diskominfo-SP Kabupaten Buton Utara dan menjelaskan bahwa Diskominfo-SP Kabupaten Gowa dalam menghadapi tantangan global yang pertama dilakukan adalah membangun infrastruktur jaringan.

“Jringan infrastruktur ini dengan membangun Jaringan Fiber Optik (FO) sepanjang 10 kilometer yang terhubung dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Selain itu, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa juga membangun peace room sebagai sumber informasi dimana peace room ini terhubung dengan CCTV di sejumlah titik di wilayah Kota Sungguminasa.

“Peace room ini akan menghubungkan titik-titik CCTV yang ada di Kabupaten termasuk aplikasi-apilikasi nanti yang ada di OPD. Jadi semua aplikasi-aplikasi yang ada di OPD akan terintegrasi masuk dengan Peace room. Seperti data kependudukan, rumah sakit, kepegawaian dan lainnya,” tambah Arifuddin.

Tak hanya itu, lanjutnya, saat ini Diskominfo-SP Kabupaten Gowa juga memiliki Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) yang memiliki program-program acara inovastif sekaligus sebagai media untuk mensosialisasikan program kerja pemerintah daerah agar dapat sampai ke masyarakat.

Pada kesempatan yang sama juga, Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo-SP Gowa, Widiah Restuti mengatakan untuk kegiatan kehumasan dan penyampaian informasi, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa bekerjasama dengan media seperti media cetak, elektronik, online, media sosial dalam penyebarluasan informasi daerah.

“Kegiatan kehumasan kita banyak menggunakan media cetak, online dan sosial media. Kita ada tim media sosial dan tim kreatif dimana setiap saat kita update pemberitaan tentang kegiatan dan program kerja pemerintah daerah melalui semua kanal-kanal tersebut kita manfaatkan. Karena saat pengguna internet di Indonesia sudah sangat besar sekarang zaman milenial,” tambahnya.

Usai melakukan kunjungan di peace room, rombongan Diskominfo-SP Kabupaten Buton Utara juga melakukan kunjungan langsung ke studio Rewako Fm.(Ryn)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719