News Sulsel

Dekranasda Sulsel Siap Ikut Pameran Kerajinan se-Asia

Dekranasda Sulsel Siap Ikut Pameran Kerajinan se-Asia
6 / 100

Tahun 2021 Sulsel Jadi Tuan Rumah

MAKASSAR, JARINGAN INDONESIA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan diri siap mengikuti pameran kerajinan se-Asia Tenggara yang digelar oleh Ina Craft, dan berlangsung di Jakarta pada 15-19 April 2020 mendatang.

Ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin mengatakan, dalam pameran ini Sulsel akan menampilkan berbagai produk terbaik yang dipilih dari 24 Kabupaten/Kota.

“Pameran Ina Craft adalah pameran kerajinan terbesar di Indonesia termasuk di Asia, pesertanya datang dari beberapa negara di Asia, di tahun ini Dekranasda Sulsel akan membawa produk berkualitas yang harus kita sampaikan kepada khalayak ramai, Nasional dan Asia kalau kerajinan dan budaya Sulawesi Selatan beraneka ragam,” terang Lies usai bertemu dengan panitia Ina Craft untuk Sulawesi Selatan, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin, (2/3/2020).

Lies menyebutkan, meski merupakan pendatang baru di Ina Craft, Sulsel yang baru mengikuti pameran ini di tahun 2019 lalu sangat menuai pujian penyelenggara. Mulai dari produk kerajinan yang dipamerkan hingga desain dan tata letak stand pameran.

“Dari tujuh juri penilai, lima diantaranya memilih Sulsel sebagi stand dan produk kerajinan terbaik. Untuk itu, tahun 2020 stand untuk Sulsel lebih spesial dan lebih besar. Penyelenggara mengaku kagum karena Sulsel yang baru ikut pameran tapi langsung mendapat apresiasi luar biasa,” tutur Lies penuh rasa bangga.

Bahkan, Lies melanjutkan, di tahun 2021 mendatang, Sulsel bersiap menjadi ikon dan tuan rumah penyelenggaraan pameran Ina Craft.

“2021 Sulsel diminta menjadi ikon Ina Craft, nantinya seluruh yang hadir mulai dari Presiden, menteri dan undangan lainnya wajib mengenakan sutera,” sebutnya.

Lies pun menyebutkan, pameran kerajinan ini adalah kesempatan bagi Sulawesi Selatan menampilkan karya terbaik dari para pengrajin dan kekhasan dari masing-masing daerah yang tersebar di Wilayah Sulawesi Selatan.

“Di pameran 2020 ini kami akan menonjolkan tiga daerah seperti kerajinan Toraja, sutera dan adat masyarakat Kajang,” bebernya.

Sementara, Koordinator Ina Craft Sulsel, Deviyanti Faisal, mengatakan, pameran galeri ini akan fokus melakukan kurasi, khusus pada produk unggulan dari berbagai daerah di Sulsel.

“Bentuknya akan dikemas seperti galeri eksklusif produk unggulan khas Sulawesi Selatan dengan tempat yang akan didesain senyaman mungkin untuk pengunjung,” pungkasnya. (ZR/JI/rls.)

Avatar
About Author

Editorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *