Ilustrasi. [Foto via linovhr.com]

COVID-19: Sebanyak 107 Karyawan di Sulsel Kena PHK, 3.363 Dirumahkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
340 karyawan dibayarkan setengah gaji oleh perusahaannya.

JARINGAN INDONESIA – Virus corona atau COVID-19 tak hanya membahayakan kesehatan manusia, namun juga telah berdampak pada segala sektor kehidupan lainnya, termasuk melemahkan pergerakan ekonomi hingga menimbulkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan imbas virus mematikan tersebut. 

Dampak itu juga turut dirasakan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebanyak 3.363 karyawan di Sulsel terpaksa dirumahkan oleh perusahaan yang terdampak wabah virus corona (COVID-19) dan 107 karyawan di PHK.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Darmawan mengatakan, karyawan yang dirumahkan berasal dari 130 perusahaan yang ada di 11 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Kita masih menunggu semua (data). Masih ada 13 kabupaten yang belum masukkan dan tentu kita juga masih menunggu perkembangan dari 11 kabupaten itu,” kata Darmawan saat dihubungi Kompas melalui sambungan telepon, Rabu, 8 April 2020.

Sedangkan, lanjutnya, 340 karyawan dibayarkan setengah gaji oleh perusahaannya.

“1.876 karyawan tanpa pembayaran dan menunggu apakah dirinya akan dipanggil perusahaan yang bersangkutan untuk kembali bekerja atau tidak,” ujarnya.

Sementara 107 karyawan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), di mana 54 dari Kota Palopo dan 53 dari Makassar.

“Kita masih konfirmasi itu karena kadang data yang dimasukkan tidak menunjukkan angka sebenarnya PHK. Yang jelas kemarin dari Makassar sudah ada 5 orang yang di-PHK karena dia sudah menyampaikan,” imbuh dia.

Ia menjelaskan bahwa karyawan yang dirumahkan mayoritas adalah berasal dari perusahaan di sektor industri pembangkitan yang berada di Luwu.

Selebihnya, kata Darmawan, perusahaan di sektor perhotelan dan konstruksi. [cakapcakap.com]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719