Corona Melanda, Opsi Belajar Online dan Metode Jarak Jauh Mendadak Popular

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Minggu terakhir ini, Indonesia dilanda virus persebaran Covid-19 atau Corona dengan sangat cepat. Mulai dari yang diumumkan sebanyak 2 orang, hingga Minggu 15 Maret 2020 sudah mencapai lebih dari 100 pasien positif Corona. Dengan jumlah yang tidak sedikit ini, Indonesia juga patut dicurigai karena orang-orang positif, karena mereka memiliki jumlah besar untuk tertular. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah dengan tidak berkontak langsung dengan banyak orang (yang mungkin saja memiliki virus terinkubasi dalam tubuh).

Dengan jumlah yang tidak sedikit ini, Indonesia juga patut dicurigai karena orang-orang positif, karena mereka memiliki jumlah besar untuk tertular. Salah satu tantangan yang harus diselesaikan adalah langsung dengan banyak orang (yang mungkin saja memiliki virus terinkubasi dalam tubuh).

Upaya yang dilakukan santer saat ini adalah menutup tempat-tempat keramaian seperti tempat wisata, dan memutuskan aktivitas publik yang dirasa akan mengundang virus persebaran Corona dengan lebih cepat. Pemerintah juga menyelesaikan masa belajar di lingkungan kampus atau sekolah, dimulai sejak hari Senin 16 Maret 2020. Penutupan masa belajar mengajar ini bukan berarti masa depan loh! Pemerintah berharap agar perguruan tinggi dan sekolah menerapkan metode pembelajaran jarak jauh atau online, yang memungkinkan pelajar atau siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran sesuai jadwal tanpa harus bertatap muka di sekolah.

Penutupan masa belajar mengajar ini bukan berarti masa depan loh! Pemerintah berharap agar perguruan tinggi dan sekolah menerapkan metode pembelajaran jarak jauh atau online, yang memungkinkan pelajar atau siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran sesuai jadwal tanpa harus bertatap muka di sekolah.

Diketahui beberapa sekolah swasta di Jakarta mulai menutup kegiatan pembelajaran sejak awal, mulai dari Sekolah Pelita Harapan (SPH), Jakarta International School, dan lainnya. Saat virus semakin santer dan aktif di Solo, Pemerintah Kota Solo Jawa Tengah juga langsung mengalihkan kegiatan belajar di sekolah dan meminta sekolah untuk mengganti metode belajar yang lain.

Setelah itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima keputusan yang sama untuk seluruh sekolah di DKI Jakarta. Keputusan ini juga diambil dengan beberapa daerah, mulai dari Provinsi Banten, dan Kota Bekasi di Jawa Barat.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan teknologi informasi yang memungkinkan format diubah menjadi online dan streaming memang sudah populer di kota besar. Beberapa universitas yang mulai memberlakukan metode ini antara lain Universitas Indonesia, BINUS, UPH, Mercu Buana, Universitas Hasanuddin, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Atma Jaya, dan banyak lagi. Kesemuanya memiliki media PJJ yang disebut dengan Learning Management System (LMS), e-Class, atau e-Learning System.

Beberapa universitas yang mulai memberlakukan metode ini antara lain Universitas Indonesia, BINUS, UPH, Mercu Buana, Universitas Hasanuddin, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Atma Jaya, dan banyak lagi. Kesemuanya memiliki media PJJ yang disebut dengan Learning Management System (LMS), e-Class, atau e-Learning System.

Lalu, apakah metode ini memiliki kualitas yang sama dengan pembelajaran biasanya? Tentunya metode ini menyajikan cara belajar yang baru dan efektif, tetapi menghadirkan peluang negatif yang cukup besar. Secara keseluruhan, metode PJJ atau pembelajaran online memiliki cara tertentu dalam sistem yang memantau siswa aktif, mendukung tugas, presentasi, hingga diskusi yang membahas tatap muka di sekolah atau universitas. (cakapcakap.com)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719