Cegah Virus Corona, Bupati Gowa Harap Masyarakat Jaga Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

GOWA, JARINGAN INDONESIA — Setelah mengeluarkan imbauan agar masyarakatnya tidak panik menghadapi penyebaran virus COVID 19 yang sudah masuk ke Indonesia. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan kembali mengingatkan masyarakatnya untuk menjaga kesehatan.

” Saya mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kesehatan. Ketika daya tahan tubuh bagus maka ada imun tubuh untuk menangkal masuknya virus kedalam tubuh kita,” ujar Adnan di ruang kerjanya, Selasa (3/3/20).

Adnan juga mengingatkan beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan perindividu.

” Perbanyak minum air putih untuk tubuh kita minimal dua liter dalam satu hari. Selain itu rajin-rajin untuk cuci tangan sehingga bakteri-bakteri yang melekat dalam tangan kita tidak sempat mengenai bagian dari tubuh kita. Juga menggunakan masker jika terkena batuk pilek agar tidak menyebar virus ke orang lain,” jelasnya.

Mengantisipasi kondisi ini Adnan sudah memerintahkan SKPD terkait untuk melakukan pembelian masker sebagai langkah pencegahan yang untuk menangkal virus Corona.

“Kita sekarang lagi mencari masker karena sekarang tiba-tiba laku dan habis. Yang kemudian akan kita tempatkan di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, puskesmas-puskesmas dan kantor-kantor pemerintah mungkin akan kita bagikan secara gratis,” lanjutnya.

Bupati Adnan juga menambahkan saat ini pemerintah mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat terus bersinergi dalam melakukan langkah pencegahan penularan virus yang berasal dari Wuhan, China.

“Tadi malam saya bersama bapak gubernur dan beliau telah menyiapkan RSUP Dr. Wahidin Sudirohudo sebagai tempat rujukan jika ada orang Sulawesi Selatan yang terkena virus corona ini. Tempatnya itu sudah diisolasi dan peralatannya juga telah siap,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan meminta masyarakat agar segera melapor jika mengalami gejala pneumonia seperti batuk, pilek ataupun demam.

” Kita sosialisasi ke puskesmas untuk cepat melaporkan jika menemukan pasien dengan gejala yang dicurigai terinfeksi virus Corona. Juga diimbau ke masyarakat untuk mendeteksi dini gejala yang dialamai dan segera melaporkan ke pusat pelayanan kesehatan,” jelas dr. Hasanuddin.

Untuk langkah penanganan, Dinas Kehatan Gowa juga telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

“Kalau ada ditemukan, kita akan langsung rujuk ke RS Wahidin karena di sana ada ruang penanganan khusus. Tapi sejauh ini alhamdulillah belum ada laporan,” tandasnya. (Ryn)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719