Ilustrasi. ©2020 AFP Photo/Kazuhiro NOGI

Bupati Murka, 39 TKA Asal China Masuk ke Bintan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane pernah menyoroti adanya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang leluasa masuk ke Indonesia di tengah pandemi virus corona.

TKA Tiongkok itu masuk ke Ketapang pada 24 Maret 2020. Selanjutnya, TKA itu langsung bekerja di salah satu industri di Muara Pawan. Namun pada 27 Maret 2020 lewat Bandara Rahadi Oesman Ketapang dipulangkan atas kesepakatan antara Kapolsek Muara Pawan Ipda Bagus beserta tokoh masyarakat dan pihak perusahaan yang mempekerjakan TKA itu.

31 Maret 2020, terjadi lagi TKA asal China masuk ke Indonesia sekitar 39 orang melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin membenarkan kedatangan puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal China melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban tersebut.

“Benar, hari ini ada sekitar 39 TKA asal China masuk ke Kabupaten Bintan,” katanya di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (31/3).

Dia mengatakan seluruh TKA tersebut telah menjalani pengecekan suhu tubuh, dan tidak ada yang menunjukkan gejala Covid-19.

Mereka juga dilengkapi surat keterangan sehat dari negaranya,” terangnya.

Dari laporan yang diterima pihaknya, Agus menjelaskan, para TKA itu akan menuju ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Tapi belum dapat dipastikan apakah untuk keperluan bekerja ataupun yang lainnya. “Saya tidak tahu pasti, silahkan konfirmasi ke PT BAI atau Disnaker Bintan,” jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Indra Hidayat menyebut sudah menerima informasi mengenai kedatangan puluhan TKA asal China itu.

Pihaknya bersama tim terpadu yang meliputi Disnaker Bintan, Disnaker Provinsi Kepri, Polres, Dinas Kesehatan, Imigrasi Tanjungpinang, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja asing tersebut.

“InsyaAllah, besok kami akan turun pemeriksaan ke PT BAI,” tutupnya seperti dilansir merdeka.

Bupati Bintan Murka Atas Masuknya Puluhan TKA Asal China

Apri Sujadi Bupati Bintan sangat menyesalkan masuknya TKA asal China ke kota Bintan. dalam penuturannya dia menegaskan bahwa kewenangan mengatur dan mengawasi keluar masuknya tenaga asing ada pada Kementerian Pusat dan Disnaker Provinsi Kepri.

“Kewenangan tidak ada di kami. Tapi dengan masuknya TKA ini menjadi perhatian khusus bagi kami, di tengah semangat kita untuk mengantisipasi merebaknya wabah virus korona baru atau Covid-19 di daerah ” gerutunya, sebagaimana dikutip dari Sindobatam.com (31/3/2020).

Apri sangat menyesalkan sikap PT BAI yang terkesan tidak berempati atas situasi darurat yang sedang melanda bangsa Indonesia khususnya warga kota Bintan. Alhasil, dia meminta semua pihak yang berwenang memberikan izin untuk menghentikan sementara dan menghargai masyarakat yang sedang berjuang melawan Corona di daerah.

Sebagai penegasan kekecewaannya, Bupati tersebut mewajibkan perusahaan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Kami melihat, PT BAI tidak memiliki empati atas situasi yang terjadi. Sebagai kepala daerah saya mohon kepada pemberi izin untuk stop dulu masuknya TKA ini, kasihanlah kami Pemda dan seluruh masyarakat yang bergerak dalam memerangi virus korona di daerah, ” tegas Apri seperti yang dilansir id.today.

Dia menilai hal itu sangat mencederai semangat pemerintah dan rakyat bintang yang sedang berjuang melawan virus Corona di daerahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar aturan yang mengatur perlintasan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia dievaluasi secara berkala. Hal ini demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) ke Indonesia.

“Saya minta kebijakan yang mengatur perlintasan WNA ke Indonesia dievaluasi secara reguler secara berkala untuk antisipasi pergerakan Covid-19 dari berbagai negara yang ada di dunia,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (31/3). (aas)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719