BPS Gowa Susur SKPD Lakukan Panduan Sensus Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

GOWA, JARINGAN INDONESIA –Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa mengunjungi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa guna memastikan ASN Gowa melakukan sensus penduduk secara online.

Kehadiran tim BPS dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Gowa, Usman bersama timnya.

“Kami melakukan kunjungan langsung ke SKPD-SKPD Pemkab Gowa untuk mensosialisasikan sekaligus memandu pegawai untuk melaksanakan sensus secara online,” jelasnya di Kantor DiskominfoSP Gowa, Rabu (4/3/20).

BPS Gowa sendiri menjadwalkan akan mensisir semua SKPD di Gowa serta beberapa instansi vertikal dan sekolah yang ada di Gowa.

“Sejak Senin kemarin (3/3), tim kami berkeliling di beberapa SKPD lingkup Pemkab Gowa. Kami menjadwalkan akan berkeliling hingga 17 Maret mendatang untuk SKPD dan dilanjutkan ke instansi vertikal dan SMA/SMK sederajat,” urai Usman.

Sementara itu, Kepala Dinas KominfoSP Gowa, Arifuddin Saeni menyambut positif kehadiran tim BPS dikantornya.

“Kunjungan ini bagus bisa langsung menguide (memandu) pegawai-pegawai yang ada di Kominfo. Selain itu mereka sudah bisa mengisi dapat membantu mensosialisasikan pengisian di keluarga, teman maupun tetangganya guna mensukseskan program nasional ini,” ujarnya.

Sensus penduduk online sendiri merupakan tahapan pertama dari sensus penduduk nasional tahun 2020. Jika dulunya BPS melakukan pendataan hanya melalui petugas sensus maka di sensus kali ini, masyarakat bisa melakukan secara mandiri.

Sensus penduduk secara online berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret mendatang. Pengisian secara mandiri memberi kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat.

“Melalui online masyarakat bisa mengisi sendiri data-datanya dengan dasar Kartu Keluarga (KK). Mereka bisa mengisi dimana saja dengan mudah, nyaman, aman dan tidak merasa terganggu dengan jam kedatangan petugas sensus kami,” tambahnya.

BPS Gowa ditargetkan untuk bisa melakukan sensus online sebanyak 36.000 KK atau sebesar 16.6%. Target ini menyesuaikan target nasional sebesar 22% dan target Provinsi Sulsel 17%.

Selanjutnya pada 1-31 Juli akan dilanjutkan sensus secara manual. Petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk yang belum melakukan sensus secara online. (Ryn)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719