Bea Cukai Makassar: Kini Ekspor Mudah, Murah dan Tidak Ribet, Ini Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar Eva Arifah Aliyah mengatakan untuk mendorong peran aktif Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar dalam meningkatkan kegiatan ekspor, melahirkan eksportir-eksportir baru dan industri-industri baru berbasis ekspor di Sulawesi Selatan. Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar membentuk program Eksport Assistance untuk memetakan potensi komoditas ekspor di Sulawesi Selatan, khususnya yang berada di wilayah kerja Bea Cukai Makassar, (29/7/20).

Sebagai langkah awal, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar telah melaksanakan seri edukasi export assistance online series I dengan tagline Ekspor itu mudah yang menyasar masyarakat secara umum, untuk memberikan pengetahuan praktis langkah-langkah mudah menjadi eksportir, sehingga masyarakat bisa melihat bahwa proses ekspor tidaklah sulit.

Kegiatan export assistance online series II yang telah dilakukan Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar menyasar kalangan muda khususnya mahasiswa. Kegiatan ini fokus memberikan informasi peluang ekpsor kepada mahasisswa sehingga mereka dapat mengambil peran dalam mendukung kegiatan ekspor, baik sebagai eksportir maupun sebagai katalisator ekspor di daerah asal masing-masing.

Saat ini kegiatan telah dilaksanakan bersama 2 kampus yaitu IKB Nitro dan UNM dan akan terus berlanjut bersama kampus-kampus lain di Sulawesi Selatan.

Untuk mendukung peningkatan kegiatan ekspor perlu adanya pihak-pihak penunjang, salah satunya adalah konsolidator, pihak yang berperan menggabungkan beberapa barang ekspor yang berasal dari beberapa eksportir di dalam satu kontainer yang disebut konsilodasi dengan tujuan untuk memudahkan pengiriman barang ekspor yang jumlahnya tidak cukup dimuat dalam satu kontainer.

Pihak konsolidator akan menggabungkan barang-barang ekspor ini dalam satu kontainer untuk proses pengiriman.

“Ekspor itu mudah, murah dan tidak ribet semua bisa dilakukan dengan dengan online. Jadi jangan beranggapan seolah-olah bahwa ekspor itu susah” ucap Adeltus Lolok Kepala Seksi Ekspor Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar.

“Untuk ekspor dengan berat 30 kilo tidak perlu dokumen ekspor, legalitas dan lain-lainnya. Atas nama pribadi saja sudah bisa ekspor” tegas Adeltus

Kegiatan export assistance ini telah dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke Dinas Perdagangan dan Dinas PTSP serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) di wilayah kerja KPPBC TMP Makassar yang terdir dari 11 Kabupaten/Kota.

“Karena Pandemi Covid19, kegiatan ini terhenti setelah kunjungan ke Dinas Perdagangan Provinsi Sul-Sel, Disdag dan Dinas PTSP Pemkab Maros, Disdag dan Dinas PTSP Pemkab Gowa, Dekranasda Sulsel, Dekranasda Maros, Dekranasda Gowa” Satria Humas Kantor Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Makassar.

Hasil pelaksanaan program saat ini, beberapa peserta telah mengirimkan barang contoh ke luar negeri untuk proses negosisasi pembelian. Pengiriman ini dilakukan melalui Kantor Pos. [aas,ji]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719