PENOBATAN BATARA GURU (Negara Luwu Purba).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – WE NYILLI’TIMO adalah permaisuri BATARA GURU yang berdarah biru, telah membuka jalan baginya untuk dinobatkan menjadi DATU (Raja) dan PAJUNG (Pelindung atau Pengayom) negeri Luwu dan rakyatnya.

Prosesi penobatan dalam salah satu tradisi dilakukan di suatu tempat yang disebut TANGA PADDA yang dulunya menjadi tempat MOGOMBO (bermusyawarah) MOGOMBO berasal dari kata dasar OMBO yaitu penpatan sesuatu ( makanan) dalam mulut untuk di kecap oleh indera perasa , apakah rasanya manis,pahit atau kecut , dengan dua kemungkinan ditelan atau dimuntahkan. Demikian pula dengan kata (MO) NGOMBO yang disama artikan dengan musyawarah, khususnya membicarakan sesuatu madaalah, terdapat pula dua opsi setuju atau tidak setuju .

TANGA PADDA oleh Penguasa Luwu sebelum Batara Guru tempat pertemuan, situs TANGA PADDA dikenal pula dengan nama TANA BANGKALA atau tempat pentasbian dan penobatan DATU.
Situs Tana Bangkala terletak pada kawasan yang dahulunya merupakan delta di sungai daerah Luwu timur yang pada abad ke VIII Masehi, juga menjadi tempat penyelenggaraan prosesi pengambilan sumpah dan ikrar kesetiaan.

Prosesi penobatan Batara Guru dipimpin oleh MACOA BAWALIPU sebagai AMPURISAA TO MATABBA (Terdiri dari tiga suku kata AMPU, RISSA atau tempat berkumpul atau perwujudan secara simbolik semangat atau roh kehidupan masyarakat secara umum, ITO artinya orang atau individu, MATABBA artinya banyak oleh orang Bugis menyebutnya AMPURISSENG TAU MAEGA).

BATARA GURU dinobatkan jadi DATU dan PAJUNG Luwu yang pertama sekitar permulaan abad ke IX Masehi.
Batara Guru dinobatkan sebagai PAJUNG Pelindung dan Pengayom) bagi rakyat, diartikan terutama dari segi kerohanian (spiritual) karena dia dideposisikan sebagai titisan dewa yang maha bijaksana, sehingga dalam kesehariannya, ia tidak mengurus pemerintahan secara langsung, Batara Guru disamakan dengan Budha (Sarita Pawiloy,1995:66).(pen:NSL)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719