Ilustrasi permukaan planet Proxima b. Foto: ESO/M. Kornmesser/

Gambar Planet Mirip Bumi yang Mungkin Dihuni Alien

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Lembaga antariksa NASA baru saja membagikan gambar ilustrasi planet yang punya kemiripan dengan Bumi, bahkan ada kemungkinan dihuni oleh makhluk hidup alias alien. Planet tersebut dinamakan sebagai Proxima b yang mengorbit pada binyang Alpha Centauri AB.

Tampak dalam ilustrasi itu, terdapat bukit dan lembah di Proxima b, serta bintangnya terlihat jelas dalam warna kemerahan. Eksistensi planet itu diketahui sejak 4 tahun yang lalu.

“Ditemukan pada 2016, planet yang seukuran Bumi mengorbit pada bintang terdekat kita dan mungkin saja dapat dihini, menurut astronom yang menemukannya dengan teleskop European Southern Observatory di La Silla, Chile, bersama teleskop lain di berbagai belahan dunia,” tulis NASA.

Potensi mendukung kehidupan di planet ini adalah karena kemungkinan ada air mengalir di permukaannya. “Exoplanet ini berada dalam jarak dengan bintangnya di mana memungkinkan temperatur cukup sedang untuk air dalam keadaan cair di permukaannya,” papar NASA.

“Impresi dari seniman ini menampakkan pemandangan permukaan dari planet Proxima b yang mengorbit bintang katai merah Proxima Centauri, yaitu bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Proxima b sedikit lebih masif dari Bumi dan mengorbit di zona habitat Proxima Centauri,” pungkas NASA.

Proxima Centauri ‘hanya’ berada 4,2 tahun cahaya dari Bumi, atau sekitar 40 triliun km. Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies, pernah meneliti soal planet Proxima b.

“Pesan utama dari simulasi yang kami lakukan adalah terdapat peluang yang baik bagi planet tersebut untuk bisa dihuni,” ujar Del Genio.

Meski demikian, masih banyak yang belum diketahui mengenai Proxima b. Del Genio sendiri yang mengakui hal tersebut. “Pertama, kami tidak tahu apakah Prox b memiliki atmosfer. Tanpa itu, kehidupan tidak akan eksis,” ucapnya [dtk]

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719