Banjir yang terjadi di Luwu Utara beberapa waktu lalu akibat sungai Masamba meluap.foto: -dok.ist-

Bupati Lutra: Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana Alam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data potensi cuaca di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) untuk tiga hari ke depan, 27 – 29 Juni 2020.

Prakiraan BMKG Makassar menyebutkan, potensi cuaca pada 27 Juni 2020 di Luwu Utara, pagi cuaca cerah berawan, siang/sore hujan ringan, malam berawan, dan dini hari berawan.

Sementara pada 28 Juni 2020, potensi cuaca pada pagi hari hujan ringan, siang/sore hujan ringan sampai hujan sedang, malam hujan ringan, dan dini hari berawan. Untuk 29 Juni 2020, BMKG merilis potensi cuaca pada pagi hari cerah berawan, siang/sore hujan ringan, malam berawan tapi berpotensi hujan ringan, dan dini hari berawan.

Bagaimana dengan potensi suhu udara? Untuk suhu udara sendiri berkisar antara 23°C – 32°C, dengan kelembaban udara 65 – 95%. Sementara untuk kecepatan angin dari timur – tenggara adalah 10 – 40 km/jam. Prediksi potensi cuaca untuk Luwu Utara tiga hari ke depan dari BMKG Makassar ini dibuat pada tanggal 26 Juni 2020, pukul 13.45 wita.

Melihat potensi cuaca tiga hari ke depan di Luwu Utara berdasarkan data BMKG, secara umum menggambarkan, cuaca di Luwu Utara diperkirakan berawan hinga berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan.

Kendati demikian, warga tetap diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat gambaran cuaca ini masih prakiraan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tetap meminta masyarakat untuk senantiasa tetap waspada terhadap potensi ancaman bencana banjir dan tanah longsor. Mengingat sejak kemarin intensitas curah hujan cukup tinggi, sehingga menyebabkan sungai Masamba kembali meluap yang mengakibatkan terjadinya banjir di sungai Masamba.

“Melihat potensi cuaca dari BMKG untuk beberapa hari ke depan, saya meminta dan kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada banjir dan longsor,” ujar Indah

Imbauan bupati ini juga ditujukan kepada seluruh Camat untuk menyampaikan kepada warganya masing-masing, khusus warga yang bermukim di bantaran sungai.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muslim Muhtar, juga mengingatkan seluruh warga Luwu Utara, utamanya yang tinggal di sekitar bantaran sungai untuk sementara mencari tempat yang lebih aman. “Ini semua untuk mengurangi risiko bencana,” cetusnya. (as/sr)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719