Infografis-Aliyah Syafira-JI

Berikut 4 Negara yang Punya Strategi Khusus Atasi COVID-19!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Ada yang memilih untuk tidak lockdown dan beraktivitas seperti biasa, sama seperti Indonesia

JARINGAN INDONESIA – Saat ini wabah COVID-19 memang masih menjadi perhatian dari seluruh orang di belahan dunia. Bagaimana tidak! Wabah ini telah menginfeksi banyak orang dan menyebabkan angka kematian yang sangat luar biasa.

Alhasil, banyak negara yang mengambil kebijakan tertentu guna mengatasi penyebaran virus corona ini Sahabat Indonesia.

Beberapa negara berikut ini mengambil langkah bijak untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Kira-kira negara mana saja dan langkah apa yang mereka ambil? Coba simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Hong Kong

Hong Kong memiliki jarak yang terbilang dekat dengan Cina, yang merupakan tempat asal wabah ini muncul. Sehingga pemerintahan Hong Kong memutuskan untuk menutup pusat perbelanjaan dan menerapkan sosial berjarak. Bahkan, sekolah-sekolah di negara tersebut tutup hingga perayaan paskah. Kini penduduk pun lebih memilih untuk mengasingkan diri dalam rumah dan menempuh jalan work from home. Jalanan yang biasanya ramai kini jadi sepi. Tempat-tempat seperti gereja, lapangan basket hingga bioskop pun juga kosong.

Berikut 4 Negara yang Punya Strategi Khusus Atasi COVID-19! 2

Jalanan yang ramai kini jadi sepi karena lockdown via Scmp.com

2. Korea Selatan

Negara ini agaknya berhasil mengatasi pandemi virus corona dengan baik. Sebab mereka menyediakan tes yang dapat dilakukan oleh semua orang dengan mudah memakai klinik drive-thru. Alhasil tindakan tersebut bisa memangkas beban di rumah sakit dan meminimalisir penularan untuk petugas kesehatan. Tak hanya itu, pemerintah Korea juga tak segan guna mempublikasi informasi. Misalnya saja melalui aplikasi tertentu mereka memberi tahu lokasi GPS dari pasien yang positif COVID-19. Penduduknya pun telah mempraktikkan social distancing.

Berikut 4 Negara yang Punya Strategi Khusus Atasi COVID-19! 3

Pilih rapid test via Notif.id

3. Italia

Italia termasuk negara Eropa yang punya tingkat infeksi COVID-19 tertinggi. Oleh karena itu, sebagai bentuk untuk melawan virus corona, maka negara tersebut melakukan karantina nasional. Karantina nasional tersebut bermaksud guna membatasi pergerakan populasi. Kecuali jika ada keperluan atau pekerjaan.

Berikut 4 Negara yang Punya Strategi Khusus Atasi COVID-19! 4

Melakukan karantina wisata via M.solopos.com

4. Singapura

Berbeda dengan Hong Kong yang memilih lockdown, Singapura mengambil kebijakan yang tak serupa. Di mana aktivitas tetap bisa berjalan dengan normal. Namun mereka punya langkah tersendiri dalam menghadapi pandemi tersebut. Mulai dari melakukan tracking kontak yang positif, tes, orang-orang yang positif wajib dirawat di rumah sakit hingga komunikasi yang intens dilakukan dengan penduduk agar risiko bisa diminimalkan dan beberapa langkah lain.

Berikut 4 Negara yang Punya Strategi Khusus Atasi COVID-19! 5

Tidak lockdown tapi menerapkan social distancing via Kompasiana.com

Jadi, itu dia beberapa langkah yang diambil oleh 4 negara yang terinfeksi virus corona. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719