21 Kasus Baru Positif COVID-19, Total 117

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGAN INDONESIA – Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyebut ada 21 kasus positif Covid-19 yang baru. Data baru tersebut diterima Minggu pagi (15/3/2020).

”Per hari ini dari lab yang saya terima pagi ya, hari ini kita dapatkan 21 kasus baru dimana 19 di antaranya di Jakarta, 2 di Jawa Tengah,” katanya di Komplek Istana  Negara, Minggu (15/3/2020).

Kasus yang di Jakarta merupakan hasil pengembangan dari tracing kontak kasus sebelumnya.

Data update pasien positif Covid-19 tersebut selanjutnya akan dikirim ke rumah sakit. Data itu penting bagi dokter yang merawat pasien supaya dokter bisa menyampaikan ke pasien  kenapa dia diisolasi, itu adalah hak pasien.

”Dokter pun harus menyampaikannya ke Dinkes setempat karena ini penting dalam konteks untuk tracing,” ujar Dia.

Dinkes dalam hal ini Kadinkes akan berbicara dengan kepala daerah masing-masing. Kepala daerah tersebut harus menyampaikannya ke masyarakat dengan strategi masing-masing.

”Kasus ini adalah kasus penyakit menular yang  pendekatannya dengan komunitas,” katanya.

Sebelumnya Pemerintah telah menetapkan Wabah Corona Virus atau Covid-19 sebagai Bencana Nasional. Status tersebut diumumkan kemarin, Sabtu sore (14/3/2020) oleh Presiden melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo di Gedung BNPB.

”Sekarang statusnya bencana, undang-undang bencana nomor 24/2007 menyatakan 3 jenis bencana, Bencana Alam, Non Alam, Sosial,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto, Minggu (15/3) di Komplek Istana Negara.

Ia melanjutnya, bencana Non Alam itu contohnya wabah/pandemi. Sekarang Indonesia dalam posisi tanggap darurat bencana non alam pandemi covid-19covid-19, maka semua kapasitas nasional baik di pusat maupun daerah atau institusi lain termasuk masyarakat mutlak berpartisipasi. (Zch)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami

Tentang Kami

JARINGAN INDONESIA

Mengabarkan Fakta, bukan Hoax

“Portal Jaringan Indonesia, Portal berita berskala nasional mengusung platform berita dan video. Berita mengabarkan berita terbaru dan cepat melalui proses jurnalisme ketat, sementara video memberikan hiburan dan pengetahuan kepada pembaca ”

Kontak

  • Jl. Tamalate IV No. 15 Kelurahan Kassi-kassi Kecamatan Tamalate Kota Makassar
  • jaringanindonesiasatu@gmail.com
  • 081242503719